Membuat Widget Recent Comment Untuk Blog

blogger blogspotPixabay.com

Di dunia blog, salah satu sumber traffic dari sebuah blog adalah dengan"blogwalking". Blogger saling mengunjungi blog satu sama lain. Dalam berkunjung ke sebuah blog atau website, seorang blogger akan meninggalkan jejak. Salah satu cara meninggalkan jejak di sebuah blog atau website adalah dengan meninggalkan komentar mengenai sebuah posting tertentu yang relevan.

Comment juga bermanfaat untuk memberikan feedback atau umpan balik untuk sebuah posting artikel. Bisa jadi ketika posting sebuah artikel, admin blog melakukan typo misalnya, dengan adanya kolom comment maka pengunjung blog bisa memberikan masukan. Comment di blog bisa digunakan sebagai komunikasi dua arah antara admin blog dan pengunjung blog.

Walaupun banyak juga pengunjung blog yang memposting  spam comment. Spam comment adalah komentar yang tidak relevan dengan tema artikel yang diberikan komentar, misalnya komentar untuk berjualan obat kuat atau situs judi.  Oleh karena itu, sebaiknya kita membuat moderasi untuk komentar di blog kita, sehingga kita bisa melakukan filter terhadap komentar yang masuk.  Di samping untuk menyaring spam comment, moderasi juga bisa untuk filter comment yang mengandung broken link atau link rusak. Broken link ini sangat berpengaruh terhadap kualitas SEO blog kita. 


Itulah mengapa widget komentar  merupakan bagian penting dari sebuah blog. Karena dengan memposting sebuah komentar, blogger bisa meninggalkan backlink di situs dengan komentar dofollow yang dia kunjungi. 

Sepertinya Blogger tidak lagi menyediakan widget untuk recent comment. Tapi tidak usah khawatir, karena kita tetap bisa menambahkan widget untuk recent comment di blog kita. Langkah-langkanya sangat mudah untuk dilakukan.

  1. Log In ke Blogger
  2. Klik menu Layout
  3. Klik menu Add a Gadget di posisi yang kita mau. Misalnya di bagian sidebar.
  4. Klik pada menu HTML/JavaScript
  5. Tambahkan script berikut :
  6. <style type="text/css"> ul.latest_recent_comments{list-style:none;margin:0;padding:0;} .latest_recent_comments li{background:none !important;margin:0 0 6px !important;padding:0 0 6px 0 !important;display:block;clear:both;overflow:hidden;list-style:none;} .latest_recent_comments li .avatarImage{padding:3px;background:#fefefe;-webkit-box-shadow:0 1px 1px #ccc;-moz-box-shadow:0 1px 1px #ccc;box-shadow:0 1px 1px #ccc;float:left;margin:0 6px 0 0;position:relative;overflow:hidden;} .avatarRound{-webkit-border-radius:100px;-moz-border-radius:100px;border-radius:100px;} .latest_recent_comments li img{padding:0px; position:relative;overflow:hidden;display:block;} .latest_recent_comments li span{margin-top:4px;color: #666;display: block;font-size: 12px;font-style: italic;line-height: 1.4;} .latest_recent_comments span{display:none;}</style> <script type="text/javascript"> //<![CDATA[    // Recent Comments Settings    var    numComments     = 8,    showAvatar     = true,    avatarSize     = 60,    roundAvatar    = true,    characters     = 30,    showMorelink    = true,    moreLinktext    = "More &#65533;",    defaultAvatar     = "https://www.gravatar.com/avatar/?d=mm",    hideCredits    = true;//]]></script> <script src="https://yourjavascript.com/31415322091/btb.js"></script> <script src="URL BLOG/WEBSITE KAMU/feeds/comments/default?alt=json&amp;callback=latest_recent_comments&amp;max-results=5" type="text/javascript"></script>
  7. Klik Save Arrangement
Kamu bisa mengatur jumlah komentar yang ditampilkan dengan mengatur angka yang berwarna merah. Hasilnya adalah sebuah widget recent comment yang cantik untuk melengkapi blog kamu.

Recent Comment Untuk BlogRecent Comment Widget

Mudah bukan cara membuat widget recent comment di blog kamu. Semoga artikel tips mengenai blog ini bisa memberikan inspirasi buat kamu.


Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post