Tips Membeli Laptop Agar Tidak Salah Pilih

Tips Membeli Laptophp.com

Anda berencana membeli laptop? Anda sedang sedikit bingung menentukan merek dan spesifikasi laptop yang akan Anda beli? Artikel ini akan mencoba membantu Anda memberikan tips dan inspirasi agar Anda tidak salah memilih merek dan spesifikasi lapto yang Anda beli. Saat ini lapto memang sudah menjadi kebutuhan, sebagian orang malah menjadi kebutuhan primer, dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini anak sekolah pun sangat membutuhkan pernagkat laptop untuk menunjang mengerjakan tugas-tugasnya.  Bahkan sejak mereka di tingkat Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama.



Laptop digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari terumana bagi para pekerja kantoran dan oarang-orang yang menggeluti bidang yang berkaitan dengan internet. Untuk mereka yang menjalani bisnis online misalnya, selain smartphone mereka juga butuh laptop untuk mempermudah aktivitasnya. Smartphone tentu memiliki berbagai keterbatasan di samping kelebihan - kelebihannya. Dengan ukuran layar yang jaug lebih besar dibanding smartphone akan membuat kita lebih mudah dan nyaman ketika bekerja menggunakan laptop. Apalagi bagi seorang Blogger yang tentu saja sangat membutuhkan laptop untuk mebuat blog - blog yang dia kelola.


Sejarah awal mulanya kemunculan laptop atau computer jinjing ini  sudah dimulai sejak tahun 1970-an, paling tidak secara konsep sudah dimulai saat itu. Baru pada tahun 1981, Adam Osborne, seorang pengusaha Amerkia kelahiran Thailand, melalui perusahaanya Osborne Computer Corporation membuat komputer portable pertama di dunia.  Osborne Computer Corp.  merancang Osborne 1 yang diproduksi secara massal. Komputer portable pertama  ini memiliki layar monitor  dengan diagonal 5″  dan mempunyai tas kotak pembawanya. Mesin ini mempunya dua buah disk drive untuk floppy-disk. Harga yang dipatok saat itu adaah  $1.795 (atau sekitar 25 juta rupiah dengan kurs tahun 2019) termasuk software. Berat laptop pertama ini sekitar 10 kilogram. Cukup berat ya untuk ditenteng ke mana-mana.

Tips Membeli LaptopLaptop Pertama di Dunia


Nah, agar kita tidak salah pilih menetukan brand dan spesifikasi laptop atau computer jinjing yang kita beli, semoga tips – tips berikut  bisa membantu dan memberikan inspirasi untuk kita:

1. Tentukan Kebutuhan


Pertama kita harus menentukan terlebih dahulu kebutuhan laptop yang akan kita beli. Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang membutuhkan laptop hanya untuk olah data  melalui MS Office seperti MS Excel, MS Word, atau MS Power Point untuk tugas kuliah atau sekolah. Sementara yang lain membutuhkan laptop untuk gaming misalnya. Beda lagi dengan para pekerja kantoran yang membutuhkan laptop untuk olah data tapi perlu mesin dengan spesifikasi yang lebih tinggi karena butuh kecepatan waktu. Kalau kita butuh laptop yang juga bisa dioperasikan sebagai tablet, maka laptop hybrid menjadi alternativ pilihan karena menunjang operasi layar sentuh atau touch screen. Penetuan kebutuhan laptop ini akan menentukan spesifikasi laptop yang akan kita beli.

2.Tentukan Spesifikasi


Setelah menentukan kebutuhan laptop, tips selanjutnya kita tentukan spesifikasi laptop yang akan kita beli berdasarkan identifikasi kebutuhan laptop kita. Secara garis besar, laptop dikategorikan berdasarkan prosesor yang dipakai di laptop tersebut. Saat ini laptop yang beredar menggunakan prosesor Intel Celeron, iCore3, iCore5, dan iCore7.  Makin tinggi spesifikasi prosesor yang digunakan, akan semakin mahal har laptop tersebut. Selain prosesor buatan Intel Corp, ada juga laptop yang menggunakan prosesor AMD.

Untuk laptop kebutuhan personal, misalnya untuk menegrjakan tugas kuliah atau sekolah dan untuk transaksi online, mungkin menggunakan laptop dengan prosesor iCore3 sudah cukup. Tapi untuk laptop gaming, akan memnutuhkan spesifikasi prosesor yang lebih tinggi misalnya iCore5 atau iCore7. Untuk para pekerja kantoran paling tidak menggunakan laptop dengan prosesor Intel iCore5 agar lebih cepat dan lancer dalam operasioanlnya.
Pabrikan brand laptop sendiri biasanya membagi kategori laptop menjadi Personal dan Bisnis. untuk memudahkan kiondumen memilih. Masing - masing kategori mempunyai berbagai pilihan spesifikasi berdasrkan kebutuhan konsumen.

3. Tentukan Budget


Setelah menentukan spesfikasi laptop yang akan kita pilih, tips selanjutnya memnetukan anggaran atau busget yang akan kita sediakan. Untuk mengetahu harga laptop berdasarkan spesifikasinya, kita bisa searching atau mencari di Google. Kita bisa secara detail dan lengkap mencari referensinya. Cara lain, kita mencarinya di situs penjual laptop, misalnya bhinneka.com. Di situs ini, kita bisa mencari laptop berdasarkan kategori spesifikasi prosesor yang digunakan. Kita tinggal memilih kategori yang kita inginkan dan selanjutnya membandingkan harga dari semua merk laptop.

4.Tentukan Brand / Merk Laptop


Tips selanjutnya  yang juga sangat penting adalah menentukan brand laptop yang akan kita pilih. Setelah menentukan spesifikasi laptop dan harga yang kita ingingkan, kita juga harus jeli dan hati-hati dalam memilih brand laptop karena berkaitan dengan after sales servise yang kita dapatkan. Tips penting dalam memilih bardn laptop adalah dengan terlebih dahulu mengetahui pelayanan purna jual yang ditawarkan dan pusat pelayanan atau service center yang tersedia di daerah atau daerah terdekat di mana kita tinggal. Orang cenderung tidak memilih brand laptop yang tidak memiliki service center terdekat, atau misalnya unit akan diperbaiki di Jakarta sementara Anda tinggal jauh dari Jakarta. Beberapa merk laptop yang banyak dipakai oleh kebanyakan orang Indonesia adalah HP, Asus, dan Lenovo.  Pelayanan purna jual ini sangat penting untuk memberikan solusi ketika laptop kita mengalami masalah. Agar tidak mengganggu aktivitas kita dan tidak membuang-buang waktu, sebaiknya pilih  brand laptop yang meiliki service center terdekat.

Perkembangan Laptop dari Masa ke Masa


Dikutip dari pricebook.co. id berikut perkembangan laptop dari waktu ke waktu :

Tahun 1981 – Osborne 1

Osborne 1 merupakan laptop pertama di dunia yang beratmya mencapai 10 kilogram. Laptop ini dilengkapi dengan layar 5 inci, keyboard, dan 2 slot floppy disk. Didesign  oleh Osborne Computer Corporation.

Tahun 1982 – Grid Compass 1100

Komputer portable ini merupakan yang pertama memakai lipatan, yaitu memakai teknik clam-shell. Pada awalnya laptop ini dirancang untuk NASA. Dipasarkan ke konsumen umum pada tahun 1982. Grid Compass 1100 beratnya 5,5 kilogram, dengan memory sebesar 340KB.  dijual dengan harga 8.000  US dollar (atau setara 112 juta dengan kurs rupiah tahun 2019) termasuk di dalamnya software dan perjanjian pemeliharaan atau sejenis  garansi. Pada awalnya laptop ini dikembangkan khusus bagi para eksekutif, kemudian digunakan oleh  tentara Amerika di lapangan. Juga digunakan  oleh NASA di pesawat ulang-alik pada era  tahun80 sampai dengan 90-an.

Tips Membeli LaptopGrid Compass 1100


Tahun 1983 – Compaq Portable

Dikeluarkan oleh IBM dan merupakan komputer laptop pertama di dunia yang menggunakan sistem yang 100% kompatibel dengan perangkat lunak lain.

Tahun 1984 – Gavilan SC

Merupakan komputer pertama di dunia yang dijual sebagai laptop pertama yang sebenarnya karena sudah dilengkapi dengan touchpad

Tahun 1984 – Commodore SX-64

Laptop ini seukuran koper dan merupakan versi portabel dari Commodore 64 home computer, yang dikenal sebagai laptop pertama di dunia yang menggunakan layar  berwrna penuh.

Tahun 1985 – Kaypro 2000

Kaypro 2000 adalah  laptop yang paling mendekati bentuk laptop era modern di masa itu.

Tahun 1986 – IBM PC Convertible

IBM PC Convertible  merupaka keluaran IBM yang sudah  dilengkapi LCD CGA-compatible serta 2 slot floppy disk. Beratnya hanya sekitar  5 kg dan merupakan  laptop paling ringan di masa itu.

Tahun 1987 – HP Vectra Portable CS

HP Vectra Portable CS dirilis pada tahun 1987. Dilengkapi dengan floppy disk 20 MB, monitor 3,5 inci dan keyboard mirip laptop modern yang sudah memisahkan  antara tombol angka dan huruf.

Tahun 1989 – Apple Macintosh Portable

Macintosh Portable adalah komputer portabel yang dibuat oleh Apple Corp.,  dan merupakan penerus macintosh genrasi sebelumnyayang gagal di pasaran. Komputer ini sempat mendapatkan review positif karena baterainya yang tahan lama dan layar yang cerah.

Tahun 1991 – Apple Powerbook

Apple powerbook adalah pionir laptop modern, dengan bentuk yang sudah menyerupai laptop modern sat ini. Dilengkapi  juga dengan  trackball sebagai pengganti mouse dan  dengan desain palm rest.

Tahun 1992 – IBM Thinkpad

Laptop keluaran IBM ini dilengkapi dengan trackpoint yang terletak tepat di tengah-tengah keyboard yang berfungsi untuk menggantikan mouse. Sudah dispersenjatai dengan memori sebesar 810 MB dan RAM 8 MB.

Tahun 1999 – Apple iBook

Apple merevolusi desain laptop modern dengan mengeluarkan iBook dengan bodi yang berbentuk clam-shell.

Tahun 2002 – Compaq TC1000

Compac TC 1000 adalah laptop layar sentuh pertama di dunia. Keyboardnya dapat diputar dan  dilepas.

Tahun 2003 – Muncul brand laptop seperti Dell, Lenovo, Toshiba, dan lainnya

Pabrikan  laptop semakin banyak bermunculan, seperti Dell, Lenovo, dan Toshiba. Masing-masing pabrikan mengeluarkan seri laptopnya masing-masing

Tahun 2008 – Macbook Air

Apple mengeluarkan laptop tertipis pertama di dunia yaitu Macbook Air. Laptop ini mempunyai bodi yang minimalis dan baterai yang tahan lama.

Tahun 2012 – Microsoft Surface

Microsoft memperkenalkan laptop hybrid yang sudah touch-friendly, yaitu Surface. Sistem operasi Microsoft Surface  menggunakan Microsoft Windows.

Tahun 2015 – Microsoft Surface Book

Seri Microsoft Surface Book merupakan penerus Microsoft Surface yang telah disempurnakan, dengan spesifikasi yang lebih baik untuk pekerjaan berat seperti gaming. Laptop ini juga bisa dilepaskan dari keyboardnya menjadi seperti  sebuah tablet PC.

Tahun 2019

Laptop hybrid 2-in-1 terus diproduksi oleh pabrikan. Merkea juga terus melakukan evolusi untuk performa laptop yang lebih baik. Hampir semua brand laptop seerti HP, Asus, dan Lenovo  mengeluarkan seri hybrid.

Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post