Masjid Makkah Al-Mukarromah


Mecca MosqueA Place We Wanna Go to

Masjid almukarromah merupakan tempat paling indah di dunia ini. Tidak ada tempat lain di dunia ini yang bisa mengalahkan  keindahannya, juga kesuciannya. Aktivitas ibadah di masjid ini berlangsung selama 24/7 alias selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Apalagi saat musim haji. Ummat Islam dari seluruh penjuru dunia datang ke tempat ini untuk berkunjung ke Baitullah, baik untuk beribadah haji maupun untuk melakukan ibadah umroh.
Mecca MosqueAl- Makkah Al-Mukarramah

Ibadah haji sendiri hanya dilakukan setahun sekali yaitu saat bulan Dzulhijjah. Sementara ibadah Umroh bisa dilakukan sepanjang tahun. Ibadah haji sendiri merupakan rukun Islam yang kelima, yang wajib dilakukan oleh mereka yang mampu, baik secara materi maupun immaterial. Sementara Ibdaha umroh berfifat sunnah, artinya kalau dilakukan akan mendaptakan pahala bagi yang melakukannya, sementara tidak akan emndapatkan dosa jika tidak melakukannya.

Setiap Muslim tentu sangat memngingkan untuk bisa berkunjung ke Masjid Al-Haram ini. Ada  ketenangan  kedamaian jiwa ketika mengunjungi tempat ini. Ketenangan dan kedamaian jiwa yang tidak bisa didapatkan dari tempat lain. Mengunjungi Masjid Al-Haram tentunya harus diniatkan hanya untyk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata'ala. Jauhkan mengunjungi temoat suci ini dari niat selain ibadah seperti belanja misalnya. Sangat rugi orang-orang yang berkunjung ke sini hanya untuk berbelanja. Kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dibanding beribadah di tempat lain di dunia ini karena keutamaan dan keistimewaan Masjid Al-Haram.

masjid al haram haji umrohSuasana di Masjid Al-Haram | Foto : euronews.com


Begitu banyaknya Muslim di Indonesia yang  berkeinginan untuk bisa mengunjungi Masjid Al-Haram. Hal ini dibuktikan dengan panjangnya antrian haji di Indonesia.  Untuk haji regular,  untuk daerah di pulau Jawa, antrian haji bisa mencapai 20-an tahun. Artinya kalau Anda mendafta haji tahun ini, 20 tahun kemudian baru akan bisa berangkat. Sementara untuk haji  khusus melalui ONH Plus, saat ini antrian bisa mencapai 7 tahun.

Bagamana caranya untuk mendapatkan antrian porsi haji? Caranya yaitu: Pertama kita harus buka tabungan haji dulu di Bank Syariah yang ditunjuk untuk pemdaftaran ibadah haji. Kedua, setelah tabungan mencapai 25 juta,   Bank Syariah tempat kita mendaftar akan menawarkan untuk melakukan pendaftaran haji. Dana sebesar 25 juta tersebut akan di setorkan ke rekening Menteri Agama sebagai pe,bayaran setoran awal BPIH. Ketiga, stelah dana setoran awal BPIH ditransfer kemudian kita ke kantor Depag setempat untuk mendaftar haji dengan membawa dokumen :  foto kopi buku rekening tabungan haji, lembar validasi dari Bank, Bukti setoran awal BPIH dari Bank,  surat pernyataan dan surat kuasa dari bank, foto kopi KTP, foto kopi kartu keluarga (KK), foto kopi buku nikah untuk suami istri, foto ukuran 3x4 sebanyak 17 lembar dan ukuran  4x6 sebanyak 3 lembar. Foto 80% tampak wajah dan dengan latar belakang warna putih.

Mengapa haji begitu penting bagi orang yang sudah mampu? Karena ibadah haji menyempurnakan ke-Islaman seorang Muslim  karena  ibadah hani merupakan rukun Islam yang kelima setelah  Syahadatain. Mengerjakan Sholat,  menunaikan ibadah puasa Ramadhan, dan mengeluarkan Zakat.Sebelum tahun 2000-an, orang Indonesia yang sudah melakukan haji akan dengan bangganya menggunakan gelar haji nya di depan nama . Untuk laki – laki biasanya meambahkan H. di depan namanya. Sementara  kaum perempuan  memakai Hj.  di depan nama mereka. Akan tetapi untuk saat sekarang sebagain orang sudah tidak memakai gelar Haji tersebut dengan alas an tidak mau pamer dan menghindari riya.


Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post