Cara Agar Posting Artikel Cepat Terindex Oleh Google Search Engine

Search Engines Optimizatonpxhere.com

Artikel tentang optimasi Search Engines Optimization (SEO) ini akan membahas beberapa cara agar  posting artikel kita lebih cepat terindex oleh Google Search Engine.   Seringkali kita mengecek judul posting baru di blog kita belum muncul di Google Search Engine walaupun sudah diposting  berhari - hari.
Sebagian orang berpendapat  bahwa waktu yang dibutuhkan Google untuk mengindex posting artikel baru 4 hari sampai dengan 4 minggu. Tapi sebenarnya seberapa lama  waktu yang dibutuhkan oleh Google untuk mengindex sebuah artikel   akan  bervariasi tergantung dari  beberapa faktor  seperti:

  1. Tingkat popularitas situs atau blog kita.
  2. Popularitas ini ditentukan oleh backlink dan social media  interactions stats.  Dengan media social interaction kita bisa mendapatkan lebih banyak traffic melalui Facebook, Twitter, dan sebagainya.  Oleh karena itu, sebaiknya kita menyediakan tool social bookmarking untuk emudahkan pembaca melakukan share artikel melalui media social seperti Facebook. Untuk situs yang sudah sangat populer seperti okezone.com atau detik.com akan terindex dalam hitungan jam.

  3. Apakah situs atau blog kita  crawlable atau bisa dirayapi oleh robot search engine?
  4. Kita harus membuat konten website  yang dapat dimengerti dan dibaca oleh bot / spider. Usahakan jangan memposting  konten hanya berupa gambar, flash, atau JavaScript karena bot lebih suka membaca text. Jangan  lupa melenngkapi template blog Anda dengan meta tag.

  5. Struktur Website Kita (struktur Interlink).
  6. Cara mudah untuk halaman arahan interlink SEO adalah dengan menambahkan daftar "Posting Terkait" di akhir halaman atau di sidebar sehingga interlink semua target menjadi terstruktur. Tujuan utama dari struktur link adalah untuk membantu  visitor atau pengguna  website dalam mencari informasi. Dengan memastikan bahwa link teks yang digunakan dalam struktur adalah kata kunci fokus, maka Anda membantu search engine menentukan relevansi  informasi dan juga membantu pengguna dengan menggunakan bahasa yang konsisten dengan bagaimana mereka mencari informasi.

Berikut ini adalah  adalah hal-hal yang harus diperhatikan agar posting artikel baru cepat terindex oleh robot Google search engine:


  1. Template blog yang SEO friendly.
  2. Gunakan blogger templates  yang SEO friendly. Banyak web yang menyediakan template, bahkan banyak yang gratis.

  3. Lakukan optimasi SEO on page.
  4. Untuk mengecek kualitas ESO blog atau situs kita   silakan check di https://chkme.com/page-seo-toos.

  5. Hindari Duplikat Konten.
  6. Bila menggunakan Blog Archive,  sebaiknya  perhatikan setting di Robots.txt karena Blog Archive dianggap sebagai duplicate content oleh search engine sehingga Blog Archive sebenarnya dapat mengurangi nilai dari kualitas blog atau situs menurut robot search engine.   Rubahlah setting di Robots.txt menjadi:
    User-agent: *
    Disallow: /search
    Disallow: /undefined
    Disallow: /*archive
    Disallow: /p/

  7. Menggunakan fitur recent post.
  8. Gunakan fitur recent (artikel terbaru), atau artikel terkait , dan untuk Popular post akan  lebih baik untuk dipakai karena akan membantu kualitas struktur Interlink.

  9. Setting Search preference:
  10. Masuk ke menu  Setting Search preferences  dan klik menu Edit, tambahkan kode berikut di box yang disediakan. 
    User-agent: * 
    Disallow: /search 
    Disallow: /undefined
    Disallow: /*archive 
    Disallow: /p/ 
    Allow: / 
    Sitemap:https://YOUR BLOG DOMAIN/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 
    Sitemap:https://YOUR BLOG DOMAIN/feeds/posts/default?orderby=UPDATED 
    Sitemap:https:/YOUR BLOG DOMAIN/sitemap.xml
    Silakan isi URL blog Anda pada huruf yang berwarna merah.

  11. Silakan daftarkan website atau blog ke Webmaster Tool
  12. Daftarkan website datau blog Anda ke Google Webmaster Tools, Bing Webmaster, Alexa Webmaster dan lain sebagainya. Kita lakukan verifikasi disana supaya website kita  lebih cepat dikenal.

  13. Fetch URL artikel ke Google Webmaster
  14. Fetch as Google Di Webmaster Tool.  Jika kita ingin yang di-fetch adalah homepage kita, biarkan kotak URL kosong. Jika ingin artikel baru kita yang di-fetch, silakan masukan URL artikel tersebut di box yang disediakan. Kemudian klik FETCH atau FETCH AND RENDER. Kemudian Klik Submit to index.


    Search Engines OptimizatonURL Fetching

  15. Submit Sitemap di Google Webmaster.
  16. Google Webmaster  menu tersedia di  dashboard Blogspot. Klik Overview,  dan cari di sebelah kanan bawah ada menu Open Webmaster Tool. Atau bisa langsung buka melalui link ke Google Webmaster ini ini.

  17. Ping Blog
  18. Ping Blog atau website kita  dengan  menggunakan situs Ping otomatis yang gratis, contohnya googleping.

  19. Periksa Server Responses
  20. Server Response Code hendaklah 200/OK. Untuk mengecek serve response blog atau website kita silakan menggunakan tool yang disediakan oleh  CEOSentro.
Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post