Review Sony Walkman NW-ZX2

Review Sony Walkman NW-ZX2Sony Walkam
<

Di era tahun 90-an, Walkman Sony merupakan portable music player paling terkenal saat itu. Sony merubah cara dunia menikmati musik dengan temuan gadgetnya tersebut. Dengan Sony Walkman, menikmati musik menjadi lebih dinamis dan private karena bisa bisa dilakukan saat kita melakukan berbagai aktivitas seperti jogging dan suara musik tidak menggaggu orang lain di sekitar kita.

Kelemahan Sony Walkman era 90-an adalah masih menggunakan kaset yang biasanya hanya berisi kurang lebih 10 lagu. Sejak hadirnya music era digital terutama dengan munculnya Ipod  yang dikeluarkan oleh Apple, cara orang menikmati music juga mulai bergeser ke era digital.  Music player analog yang menggunakan kaset segera terpinggirkan. Bahkan sekarang tidak ada lagi toko musik yang menjual kaset. 
Review Sony Walkman NW-ZX2
Sony Walkman

Sejak hadirnya  digital music player, dalam satu gadget bisa disimpan  ratusan bahkan ribuan lagu. Ini tentunya lebih user-friendly, karena lebih memudahkan pengguna untuk menyimpan lebih banyak lagu dan lebi banyak pilihan musik dan lagu  yang bisa mereka nikmati.
Di era digital, Sony  mencoba kembali bangkit dengan merelease media player digital berbasis Android.  Di Tahun 2013, Sony mengeluarkan Sony Walkman NW-ZX1. Di ajang Customer Electroics Show (CES) 2015 di diselenggarakan di  Las Vegas Amerika Serikat 6-9 Januari 2015 lalu, Sony kembali merelease suksesor Sony Walkman NW-ZX1 dengan memperkenalkan Sony Walkman NW-ZX2.

Sony Walkman NW-ZX2 ini mengusung beragam perubahan diantaranya peningkatan kualitas audio, konektivitas yang lebih lengkap, dan tampilan layar yang lebih tajam.  Dari sisi kualitas audio, Sony membenamkan teknologi S-Master HX full digital amplifier yang memungkinkan untuk melakukan proses pemutaran musik  secara manual digital. Di samping itu, teknologi DSEE HX processor untuk menciptakan informasi high frequency daamalm mengompres file, dan medata audio untuk menghasilkan output suara setara dengan kualitas compact dic (CD).

Sony  Walkman  High-Resolution NW-ZX2 memungkinkan pengguna mendengarkan musik melebihi kualitas CD di dalam perangkat portabel. Gaya indah Walkman NW-ZX2 bersama-sama dengan Sony S-Master HX amplifier digital menjadikan pemrosesan sinyal audio sepenuhnya di dalam domain digital untuk mendukung pemutaran murni  suara resolusi tinggi.

Sebagaimana penjelasan dari Sony,  fitur teknologi canggih Sony Walkman baru ini memproses secara akurat sejumlah besar data audio wide-bandwidth dan meminimalkan noise dan distorsi. Powerfull DSEE HX (Digital Sound Enhancement Engine) mengolah pembuatan kembali frekuensi tinggi informasi musik penting yang hilang dalam file suara terkompresi. Kualitas suara dari CD dan ditingkatkan, memperluas sampling frequency dan bit-depth melebihi kualitas aslinya mendekati kualitas Hi-Res (sesuai dengan 192 kHz / 24-bit audio). Dengan jumlah besar detail musik untuk dinikmati, pengguna akan merasa seolah-olah benar-benar ada di studio atau konser.

Harga
Kalau membahas soal harga Sony Walkman NW-ZX2, harganya cukup fantastis. Gadget tersebut dijual dengan harga $1.100 atau sekitar Rp. 15.000.000,-.

Sistem Operasi (OS)

Sebagai sistem operasinya, Sony Walkman NW-ZX2 menggunakan sistem operasi Android versi 4.2 Jelly Bean.

Konektivitas dan Memori

Dari sisi konektivitas, Sony Walkman NW-ZX2 didukung dengan  koneksi Bluetooth dan port USB. Sony Walkman NW-ZX2 juga dilengkapi denga koneksi dual-band Wifi serta NFC.  

Dari  sektor memory, Sony Walkman NW-ZX2 di lengkapi dengan memory internal sebesar 128 GB. Untuk menambah kapasitas memory bisa ditambahkan external memory  up to 256 GB melalui slot MicroSD. Penyimpanan dapat diperluas sampai dengan  256GB dengan kartu microSD, Dengan tambahan memori external ini,memungkinkan penguna untuk menyimpan lebih dari 1700 lagu yang disimpan dalam bentuk file Hi-Res Audio (150MB / lagu). 
Kompatibilitas Dual-band (2,4 / 5 GHz) Wi-Fi juga memungkinkan untuk menikmati musik Hi-Res yang disimpan pada setiap DLNA-compatible home network (dengan standar Universal Plug and Play (UPnP) media management, discovery and control), bebas dari listrik gangguan. Perangkat ini juga mendukung fungsi koneksi USB audio secara langsung, koneksi digital jitter-free ke ampli headphone dan ampli USB DAC portabel.

Penampilan

Dari sisi penampilan, Sony Walkman NW-ZX2 hadir dengan balutan material solid aluminium alloy yang memberikan kesan tampilan yang mewah dan eksklusif. Pada sisi layar, Sony Walkman NW-ZX2 menggunakan panel layar dengan dimensi 4 inci dengan resolusi 480x854 pixels. Dengan pesifikasi layar seperti ini menjadikan Sony Walkman NW-ZX2  memberikan kemudahan kepada para penggunanya ketika mengakses beragam konten yang ditanamkan di dalamnya. Sementara untuk menunjang kinerjanya, perangkat ini didukung dengan baterai kapasitas tinggi Li-ion baru yang diklaim bisa untuk melakukan  pemutaran musik hingga 60 jam. 
Review Sony Walkman NW-ZX2
Sony Walkman

Frame NW-ZX2 ini dibuat dari paduan aluminium yang kokoh, sementara penggunaan internal pelat tembaga berlapis emas mengurangi impedansi listrik untuk membantu peningkatan kualitas suara secara keseluruhan. Di dalamnya, ada  sejumlah daftar yang mengesankan design perangkat tambahan lainnya untuk menggairahkan setiap audiophile sejati. Perbaikan yang signifikan dalam power supply perangkat termasuk kapasitor listrik double layer untuk melancarankan  tegangan listrik.

Setiap tahap dari jalur audio ditingkatkan dengan penggunaan secara luas thick-film lapisan tembaga PCB, kabel OFC (Oxygen  Free Cooper) dan lead-free solder. Kualitas suara secara keseluruhan lebih ditingkatkan dengan penggunaan komponen yang dipilih secara hati-hati-karena  termasuk kumparan (colis), resistor jenis MELF dan kondensor film dengan karakteristik audio yang superior. Tidak kurang dari tujuh kondensor ekstra besar, 'OS-CON', menjaga respon frekuensi yang luar biasa dan meminimalkan noise pada tahap output.

Salah satu sumber jam digital digantikan oleh dua sumber, dengan kristal osilator khusus untuk masing-masing sumber 44,1 / 88,2 / 176.4 kHz (CD / DSD) dan 48/96/192 kHz. Apapun file dan format musik yang didengarkan, akan bisa dinikmati  dengan sangat jelas  dan transparan dengan meningkatkan pemisahan stereo.

NW-ZX2 juga merupakan perangkat mobile pertama yang mendukung efisien LDAC codec baru. Ini teknologi audio baru dari Sony  yang mentransmisikan data tiga kali lebih efisien daripada koneksi Bluetooth sebelumnya, memberikan pengalaman mendengarkan nirkabel yang ditingkatkan. Satu sentuhan pasangan dengan NFC membuat koneksi nirkabel antara Walkman dan perangkat lainnya instan dan mudah.

LDAC codec baru dari Sony yang baru saja dikembangkan, memungkinkan transmisi sekitar 3 kali lipat dari jumlah data audio yang ada sekarang mungkin dilakukan  dengan teknologi yang ada, pengguna dapat mendengarkan musik berkualitas tinggi secara nirkabel melalui Bluetooth dari sebelumnya.

Format File

Walkman baru  ini mendukung beberapa format audio, dari MP3 ke WMA1, FLAC (192KHz / 24bit), Linear PCM (192KHz / 24bit), WAV (192KHz / 24bit), AAC-LC2, HE-AAC, Apple Lossless (192KHz / 24bit) , AIFF (192KHz / 24bit) dan DSD (2.8MHz, 5.6MHz). Perangkat ini juga dilengkapi dengan 4 "FWVGA (854x480) Triluminos Display dan mendukung Wifi 802.11b / g / n / a, Bluetooth A2DP/AVRCP/OPP/HID/SPP  dan NFC. Transfer file didukung dengan aplikasi yang disertakan pada Windows dan Mac OS. Bobot sekitar. 235 g dengan paket pembelian berupa  kabel USB dan tas kulit.

* audioxpress.com dan berbagai sumber
Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post