5 Cara Menghindari Penalty Algoritma dari Google

googleGoogle

Jika traffic kunjugan ke web site atau blog tiba-tiba turun, pasti akan membuat frustasi para blogger dan internet marketer. Hal ini sebagian besar terjadi ketika raksasa mesin pencari Google menggelar pembaruan algoritma mereka. Hal ini seperti mimpi terburuk bagi kita semua jika kita kehilangan traffic blog kita dan tentunya pendapatan juga. Tidak ada hal yang lebih pentig bagi seorang blogger selain traffic dn income.

Algoritma mesin pencari Google dinamakan Panda. Google Panda  adalah filter pencarian yang diperkenalkan pada bulan Februari 2011. Tool ini dimaksudkan untuk menghentikan situs dengan konten berkualitas buruk agar tidak muncul di  hasil pencarian teratas Google. Panda diperbarui dari waktu ke waktu. Ketika update ini dilakukan, situs yang  sebelumnya mempunyai pagerank bagu bisa jadi akan turun. 

Ketika meluncurkan pembaruan algoritma Panda 4.0 pada Mei 2014 misalnya, Google membuat beberapa perubahan signifikan dalam algoritma Panda yang ada. Banyak Blogger mengalami peningkatan traffic dari Google search engine. Sayangnya, banyak juga yang justru kehilangan traffic. Situs jual beli Ebay misalnya, adalah salah satu yang menjadi korban penurunan traffic terbesar setelah update ini. Mereka kehilangan 80% dari traffic  organik mereka. Meskipun itu adalah penalti manual sebagaimana dikatakan Google, tetapi  hal ini tetunya menurukan traffic dan pagerank web atau blog.
Sebagian orang mampu  menghadapi hukuman algoritma ini dan bisa keluar dari mimpi terburuk ini. Nah, bagaimana cara untuk menghindari penalti algoritma dari Google sehingga bisa menghindari penurunan traffic dan pagerank? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.
Google membawa misi untuk melayani pengguna mereka dengan menyajikan konten berkualitas kepada pengguna mereka. Google memastikan bahwa ketika pengguna memasukkan query dan klik 'pencarian',  maka pengguna harus mendapatkan konten yang akurat, informatif dan berharga. Algoritma Google memutuskan apa  yang akan ditunjukkan ke  pengguna dari indeks miliaran halaman Web. Hal ini juga, menghukum konten yang tidak memberikan konten yang berkualitas kepada pengguna.
Jika ada yang mencoba untuk menipu algoritma Google dengan menggunakan teknik peringkat  yang tidak etis seperti spam link, membeli link, membangun link dengan bantuan black hat software, konten spam, maka robot Google dapat menangkap mereka dan membawa mereka ke peringkat bawah dalam hasil pencarian.
Jangan khawatir, mendapatkan hukuman algoritma tidak menghapus seluruh situs Anda dari hasil pencarian Google, tapi hanya mengurangi nilai konten berkualitas rendah yang tidak melayani pengguna dengaan  kualitas dan pengetahuan.

Beberapa tips untuk menghindari  penalty Algoritma Google:

1. Hindari konten berkualitas rendah

googleGoogle

Tim web-spam Google akan terus memburu konten kualitas rendah dan situs spam dan mengurangi nilai mereka. Satu-satunya cara untuk menghindari apa yang disebut Google Penalty adalah dengan menulis konten berkualitas tinggi yang melayani pengguna dengan konten bernilai dan pengetahuan untuk pengguna.

Apa itu konten berkualitas? Sebuah konten berkualitas harus terdiri dari minimal 1000 kata atau lebih. Dalam 1000 kata, Anda dapat melayani beberapa informasi berharga untuk pembaca Anda. Ingat, Anda harus menulis untuk pembaca Anda, bukan untuk mesin pencari. Pembaca Anda adalah manusia bukan bot seperti Google Bot. Juga, Google Bot mencintai konten yang diciptakan untuk manusia.

2. Hindari duplicate content
Menghindari duplikat konten adalah pelajaran pertama  yang harus Anda peljari  jagat blog. Mengapa? Karena itu adalah kesalahan terburuk yang Anda buat. Duplikat konten membawa Anda menuju hukuman dari seach engine. Ini adalah hal yang paling berbahaya yang harus Anda hindari.. Jika Anda telah menyalin konten dari blog terkenal lainnya, pergi dan menghapusnya sesegera mungkin. Crawler mesin pencari dapat menemukan jika Anda menyalin konten  dan jik iya, crawler juga akantahu dari mana asal konten tersebut. Jadi, cobalah untuk tidak memposting konten copas di blog Anda.

3. Hindari keyword stuffing
Keyword adalah indikator penting untuk memberitahu crawler mesin pencari tentang topik dari konten blog kita. Anda perlu menambahkan kata kunci  dalam posting Anda untuk mendapatkan peringkat di hasil pencarian. Tapi, berlebihan  dalam membuat keyword dapat menyebabkan apa yang diamakan keyword stuffing yang tentunya akan menyebabkan penalty dari Google. Melakukan keyword stuffing akan membuat dinilai buruk di Google. Cobalah untuk tidak melebihi batas kepadatan (density) kata kunci. Tetap antara 2% - 3% dari total panjang posting Anda.

googleGoogle

4. Hindari Profil Backlinks yang tidak wajar
Backlink masih penting untuk mendapatkan peringkat baik di pencarian Google dan mesin pencari lainnya. Backlink dofollow dari situs PR tinggi yang berkaitan dengan niche  blog Anda akan meningkatkan tingkat kepercayaan terhadap ke situs atau blog Anda. Mendapatkan backlink dari situs yang tidak sama dengan niche  blog Anda atau sama sekali tidak terkait dari topik yang Anda tulis berbahaya dalam hal SEO. Terutama  link dari situs dewasa, situs judi, blog spam, dan direktori artikel spam akan berdampak negatif pada peringkat pencarian Anda.
Lakukan pemeriksaan rutin profil link Anda sehingga Anda akan tahu siapa  yang melakuka link ke situs Anda. Check apakah  link tersebut  berkualitas atau hanya Spam. Jika link Anda temukan adalah spam, segera kirim emaill webmaster dan katakan padanya untuk menghapus link berbahaya tersebut. Jika setelah melakukan follow up, Webmaster tidak menghapus link berbahaya tersebut, silakan kunjungi ke  Google Disavow Tool  dan hapus link spammy.

Juga, cobalah untuk tidak menggunakan spam teknik blackhat SEO ntuk mendapatkan peringkat langsung. Blackhat SEO merupakan pelanggaran pedoman Google Webmaster sehingga lebih berbahaya daripada backlink spam.

5. Aktif di Media Sosial
Situs media sosial seperti Facebook, Twitter dan Google+ banyak membantu Anda untuk mendapatkan traffic ke blog Anda. Google saat ini memfokuskan pada metrik media sosial dari blog tertentu atau posting blog untuk menentukan peringkat. Hal ini tidak secara resmi dikonfirmasi oleh Google, tetapi menurut studi kasus yang dilakukan oleh para ahli di industri blogging, jelas bahwa tulisan yang memiliki jumlah yang lebih tinggi di Social share, Like, Tweet, Pin, dan sebagainya akan mendapatkan peringkat yang lebih baik di Google.2

Faktor ini  mungkin tidak begitu diperlukan, tetapi dapat meningkatkan peringkat pencarian Anda dan membantu Anda untuk mendapatkan traffic yang konstan bahkan saat Anda mendapat dampak dari update Algoritma Google. Jika Anda memiliki  Facebook Fanspage Like yang rendah, maka harus berusaha untuk meningkatkan Facebook Fanspage Like  blog Anda. Jika Anda memiliki jumlah follower yang rendah di Twitter, maka harus segera meningkatkan Followers Twitter. Juga, Cobalah untuk menjadi aktif dan bergabung  di sebanyak mungkin platform sosial.



Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post