Nasi Kapau Paling Enak Di Kota Medan


Bagi Anda yang di berada di kota Medan yang mencari sarapan pagi atau makan siang, banyak pilihan menu yang bisa dipilih, termasuk salah satunya yaitu Nasi Kapau. Nasi Kapau merupakan kuliner khas dari daerah Nagari Kapau Kabupaten Agam Bukitinggi Sumatera Barat.

nasi kapau Nasi Kapau Uni Erly


Ciri khas masakan kapau adalah lontong pakis, tambusu (usus sapi isi telur ayam),  dendeng cabai hijau, gajeboh (gulai daging dicampur tetelan lemak), dan gulai tunjang (kikil). Salah satu tempat makan yang khusus menjual nasi kapau adalah Warung Nasi Kapau Uni Erly Pajak Halat Medan. Warung makan ini terletak di tengah Pasar Halat Kota Medan yang terletak di Jalan Halat Kota Medan.


nasi kapau Nasi Kapau Uni Erly


Berbagai menu yang disediakan di warung nasi Kapau Uni Erly adalah Rendang Daging, Rendang Hati, Rendang Limpa, Dendeng Cabai Hijau, Tambusu, Lontong Pakis / Paku,  Tambusu terbuat dari usus sapi yang diisi dengan telur yang dikocok dan dicampur bumbu halus bawang, bawang putih, dan seikit cabai serta garam. Disediakan juga menu kue camilan khas padang berupa Salalaluak atau orang Medan menyebutnya Salak Bule. Salaluak dibuat dari tepung beras, bwang merah. Bawang putih, cabai, udang kecepe, dan kunyit yang diadon berbentuk bulat kemudian digoreng.
Rasa masakan di warung makan ini sangat asli seperti di daerah aslinya karena penjualnya memang berasal dari daerah Kapau Bukittinggi, Sumatera Barat. Untuk menu minuman yang ditawarkan  ada teh manis dingin (est teh), kopi panas dan dingin.

Rasanya yang maknyusss membuat rumah makan ini selalu ramai tiap hari. Harga yang ditawarkan pun bervariasi dari mulai Rp. 10.000,- tergantung menu yang kita pesan. Jam buka mulai jam 08.00 sampai dengan 13.00 WIB.


Dendeng Lada Hijau


Harga yang ditawarkan di warung makan ini sangat terjangkau. Oleh karena itu, tidak usah khawatir karena makan di warung makan ini tidak akan menguras isi dompet. Harganya cukup bersahabat. Dengan rasa enak dan lezat yang kita dapatkan sangat sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Nasi Kapau sedikit berbeda dengan nasi Padang pada umumnya. Sepeti disebutkan di atas ada beberapa menu kash Kapau yaitu Tambusu, Rendang Cabai Hijau, Gajeboh, dan Lontong Pakis. Kuah gulai juga sedikit lebih kental karena campuran santan yang lebih banyak.


nasi kapau Lontong Pakis


Warung nasi kapau Uni Erly sendiri berada persis di tengah Pasar / Pajak Halat. Pajak Halat ini memang menjadi tempat tujuan belanja barang kebeutuhan sehari-hari. Berada di daerah Kota Matsum yang merupakan daerah  yang mayoritas orang Sumatera Barat. Banyak perantauan dari Sumatera Barat yang tinggal di daerah ini.


nasi kapau Nasi Kapau Uni Erly


Kalau kita berkunjung ke Nagari Kapau Kabupaten Agam Sumatera Barat, di  dekat Tugu Simpang Kapau  Tilatang Kamang atau dekat Pasar Nagari Kapau ada beberapa warung nasi kapau yang bisa kita temui. Daerah ini berjarak sekitar 6.5 kilometer dari Kota Bukittinggi.

Sedangkan kalau Anda sedang di kota Bukittinggi dan ingin mencoba nasi kapau tanpa harus datang ke Nagai Kapau, Anda bisa mencoba darang ke Los Lambuang Pasar Atas Kota Bukittinggi. Lokasinya ada di  dekat Jam Gadang.  Di Los Lambuang Pasar Ateh Bukittinggi ini kita bisa menemui banyak sekali penjual nasi kapau. Di sebelah penjual nasi kapau juga terdapat banyak penjual makanan oleh-oleh khas Bukittinggi seperti Keripik Balado, Karak Kaliang, dan Karupuak Sanjai.


Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post