Serba Khas Dari Batam

Jembatan Barelangwebwisatacom

Buat Anda yang ingin berkunjung ke Batam Kepulauan Riau ada baiknya Anda tahu mengenai beberapa hal yang khas dari Batam, baik berupa makanan maupun tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.


1. Sop Ikan Yong Kee

Sup ikan Yong Kee ini merupakan salah satu tujuan wisata kuliner favorit kota Batam. Ada 2 restoran Yong Kee di Batam yaitu yang di Nagoya dengan alamat  Komp. Nagoya City Centre Blok E No. 8-9 dan Batam Centre dengan alamat di  Jl. Engku Putri Komp. Ruko Hup Seng Batam Centre.

Sup Ikan Yongkijusttryandtaste.com

Sup Ikan Yong KeeSup Ikan Yong Kee Istimewa - Batam

2. Cake Pisang Villa
Cake pisang Villa ini sudah menjadi oleh-oleh khas Batam. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini tidaklah sulit karena mempunyai banyak cabang toko.

Cake Pisang VillaKek Pisang Villa
Berikut daftar outlet Cake Pisang Villa di Batam :

  1. Ruko Nusantara Golden Blok A No. 2 & 3 - Batam Center Batam
  2. Citra Buana Industrial Park III Lot 38 - Citra Buana - Batam
  3. Komplek Ruko Satu No. 1B (Samping SPBU) - Bengkong Batam
  4. Komplek Ruko Persena Centre Blok C No. 22 Sagulung - Batam
  5. Ruko Villa Mukakuning Blok A2 No. 10 Batu Aji - Batam
  6. Ruko Tiban Center Blok K No. 4 Tiban - Batam
  7. Ruko Botania Garden Blok B2 No. 12 - Botania - Batam
  8. Jalan Pembangunan (Samping Hotel 89) Penuin - Batam
  9. Jl. Imam Bonjol Blok F No. 51 Nagoya - Batam
  10. Gate 3-4 & 5-6 Bandara Hang Nadim - Batam

3. Gonggong
Kalau Anda berkunjung ke Batam, ada baiknya coba juga kuliner khas Batam yang lain yaitu kerang Gong gong. Kerang ini direbus dan dimakan dengan dicocol ke sambel. Cara memakannya rada penuh perjuangan karena harus ditusuk dengan semacam tusuk gigi di bagian ujungnya, kemudian ditarik keluar. Tempat yang menjual Gong gong ini biasanya di rumah makan seafood seperti di daerah Harbour Bay dan Piyayu Batam.

Gong gongKerang Gong gong khas Batam
[kompasiana.com]


4. Otak-otak

Otak-otak khas Kepulauan Riau salah satunya Otak-otak  pak Agu. Makanan ini disediakan dengan berbagai rasa : rasa ikan, pedas, gonggong, dan  petai.

Otak - Otak BatamOtak-otak Ikan


5. Jembatan Barelang

Jembatan BarelangJembatan Barelang


Jembatan Barelang merupakan singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG. Jembatan tersebut adalah  jembatan yang menghubungkan beberapa pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Masyarakat setempat menyebutnya "Jembatan Barelang", namun ada juga yang menyebutnya "Jembatan Habibie", karena beliau yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi ketiga pulau tersebut yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Ketiga pulau itu sekarang termasuk Provinsi Kepulauan Riau.

Jembatan BarelangJembatan Barelang

Jembatan Barelang ini merupakan pilot project  dengan teknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Jembatan ini dibangun untuk memperluas wilayah kerja Otorita Batam (OB) sebagai regulator daerah industri Pulau Batam. Pembangun jembatan Trans Barelang telah menyedot anggaran Otorita Batam (OB) sebesar 400 Miliar rupiah yang dibangun dalam masa enam tahun (1992 – 1998). Enam buah jembatan megah ini merupakan proyek vital sebagai penghubung jalur Trans Barelang yang membentang sepanjang 54 kilometer.

6. Pulau Galang
Pulau Galang adalah satu pulau di Batam, provinsi Kepulauan Riau yang merupakan rangkaian pulau besar ketiga yang dihubungkan oleh enam buah jembatan Barelang. Pulau tersebut menjadi terkenal karena adanya tempat pengungsian orang-orang  Vietnam yang terjadi secara besar-besaran pada periode tahun 1979 - 1996 dan menjadi perhatian dari pihak PBB dan kalangan internasional. Tempat pengungsian Galang ini sekarang menjadi objek wisata dan sejarah kota Batam, karena jaraknya yang relatif dekat dengan Kota Batam.

Selain objek wisata tersebut, pulau Galang banyak dikunjungi juga oleh para turis pada saat akhir pekan karena adanya pantai Melur di bagian barat pulau yang cukup indah.

Untuk menuju Pulau Galang, kita harus menempuh perjalanan darat melewati 6 jembatan yang menghubungkan beberapa pulau. 

7. Belanja Tas

Batam merupakan surga belanja tas. Di setiap mall akan bisa dengan mudah kita jumpai toko-toko penjual tas. Kawasan yang biasa menjadi tujuan wisata belanja tas adalah Nagoya Hill dan Lukcy Plaza. Di toko  grosir tas biasanya menerapakan 2 harga produk, yaitu harga konsumen dan harga reseller.


Belanja TasSurga Belanja Tas

8. Titik Singgah ke Singapura
Batam merupakan titik singgah untuk kunjungan ke Singapura. Harga tiket naik boat ke Singapuran sekitar 300.000 rupiah pulang pergi. Dengan berkunjung ke Singapura melalui jalur laut ini, akan mengantar Anda lebih dekat ke Pulau Sentosa dan Universal Studio Singapura.
Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post