Apakah Template Blog Kamu Responsive? Ini Cara Mengeceknya

ResponsivePixabay.com


Ada banyak faktor yang menentukan kualitas SEO sebuah blog. Baik dari sisi konten maupun kualitas template blog yang dipakai. Kualitas konten ditentukan oleh beberapa hal seperti kualitas artikel (jumlah kata yang digunakan, keaslian artikel), tema yang diangkat, dan struktur artikel. Sebuah artikel harus mudah dipahami oleh pembacanya. Jika susah dipahami, pengunjung blog akan segera pergi meninggalkan blog yang dikunjunginya yang pada akhirnya akan menyebabkan traffic kunjungan blog tersebut menurun.




Seperti disebutkan di atas, di samping sisi kualitas konten, template blog yang digunakan juga menentukan kualitas blog kita. Template blog harus responsive. Template responsive adalah design template yang memungkinkan tata letak bisa berubah tergantung pada resolusi dan ukuran layar saat tampil. Artinya blog bisa tampil dengan baik di segala ukuran layar gadget yang digunakan pengunjung blog. Responsivitas template blog sangat diperlukan karena pada saat ini pengunjung blog mengakses internetdengan menggunakan bermacam - macam tipe dan ukuran layar gadget. Bagaimana mengganti template blog? Silakan baca caranya di artikel ini  .

Baca Juga : Cara Mengganti Template Blog  

Berikut beberapa jenis ukuran layar :
  1. 240 x 320 (small phone) 
  2. 320 x 480 (iPhone) 
  3. 480 x 640 (small tablet) 
  4. 768 x 1024 (iPad - Portrait) 
  5. 1024 x 768 (iPad - Landscape)
  6. 2560px wide x 1440px (PC)
  7. 1920px wide x 1200px (PC)
  8. 1680px wide x 1050px (Laptop)
  9. 1366px wide x 768px (Laptop)

Karena template blog menjadi  salah satu  faktor yang menentukan kualitas  blog, sebaiknya coba kita check responsivitas template blog kita dengan menggunakan responsive checker tool di bawah ini: 

  1. Responsivedesignchecker.com  
  2. Responsivedesignchecker.com menyediakan  pilihan jenis layar yang akan kita gunakan untuk mengecek responsitivitas template blog kita secara komplit, baik untuuk ukuran layar PC, Tablet, maupun smartphone. Navigasi pihan menu juga sangat mudah digunakan tanpa harus melakukan scrolling ke atas atau ke bawah. Kita tinggal memilih ukuran layar mana yang akan kita check.

    Responsivedesignchecker.com

  3. Responsinator.com
  4. Responsinator.com menyediakan menu  check responsivitas template blog dengan mudah. Sekali kita input URL blog kita, maka akan muncul tampilan semua jenis ukuran layar. Tinggal kita scroll ke bawah untuk melihat berbagai ukuran layar.

    Responsinator.com


  5. Resizer Tool  
  6. Resizer tool sangat mudah digunakan tanpa harus scrolling. Ditampilkan lengkap dengan skala ukuran layar gadget yang kita pilih untuk mengecek template blog.

    Resizer Tool

  7. Jetseotools.com  
  8. Jetseotool.com menyediakan tool checker dalam format pixel dan hasil check muncul di layar pop-up. Pastikan menu pop-up di browser yang kita gunakan aktif.  Pilihan hasil pengecekan dalam ukuran pixel. 
    • 160x160 Pixels
    • 320x320 Pixels
    • 640x480 Pixels
    • 800x600 Pixels
    • 1024x768 Pixels
    • 1366x768 Pixels
    • 1152x864 Pixels
    • 1600x1200 Pixels


    Jetseotools.com

  9. Ami.responsivedesign.is
  10. Silakan buka situs ami.responsivedesign.is untuk mengecek responsivitas template blog kamu.

    ami.responsivedesign.is
Itu tadi beberapa tool untuk mengecek responsivitas template blog. Semoga tips dari artikel ini bisa membantu meberikan kamu inspirasi untuk meningkatkan performa blog kamu.
Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post