Cara Mudah Mengganti Template Blog

Mengganti Blog TemplateBlogger.com

Untuk sebuah blog, template  merupakan bagian yang memiliki peranan yang sangat pentingg. Template sangat berperan dalam menentukan score sebuah blog.
Pertama, template berperan penting terhadap penampilan sebuah blog, baik dari penampilannya, struktur blog, dan juga navigasi menu.
Template blog harus user friendly agar memudahkan pengunjung blog, sehingga para pengunjung blog betah berlama - lama mengunjungi blog kita. Meskipun lama tidaknya durasi kunjungan ke sebuah blog juga sangat ditentukan oleh kualitas konten dan relevansi  konten dengan materi yang dicari oleh pengunjung blog.

Kedua, dari sisi SEO ( search engine optimization). Dari sisi SEO, template blog  harus SEO-friendly supaya blog kita mudah diindex oleh mesin pencari (search engine) seperti Google dan Yahoo serta artikel kita bisa muncul di halaman awal hasil pencarian.  Salah satu template blog yang SEO-friendly adalah harus responsive dan fast loading. Responsive artinya blog  akan bisa menyesuaikan dengan berbagai dimensi dan ukuran layar gadget yang digunakan ketika dibuka, baik di vesri PC maupun versi mobile.   Mesin pencari tidak menyukai blog yang loadingnya lambat. Untuk mengecek kecepatan loading blog, kamu bisa check di  Google Pagespeed  

Baca Juga : Apakah Template Blog Kamu Responsive? Ini Cara Mengeceknya  

Sementara di blogspot sendiri, ada dua pilihan yang bisa kita lakukan untuk mengganti template blog:

Pertama, menggunakan template standar dari blogspot. Kita tinggal memilih template standar yang disedian di blogspot, baik untuk versi desktop maupun mobile. Template yang disediakan gratis. Kelemahan dari template gratis ini adalah tampilan blog kamu akan menjadi sangat standar khas blogspot.

Kedua,  menggunakan template non standar. Kita bisa memakai template untuk  blogger dengan terlebih dahulu mendownload atau  mengunduh template dari situs penyedia template blogger. Template blogger ini ada yang disediakan gratis  dengan menyertakan credit untuk pembuatnya atau bisa juga membeli template blogger premium. Pilih template blog yang sesuai dengan selera dan keinginan kamu. Banyak jenis template blogger yang bisa kamu pilih. Ada yang model 2 kolom, 3 kolom, magazine, newspaper,  dan sebagainya. Pilih template yang responsive dan SEO-friendly.

Untuk mengganti template blog di blogger, berikut beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan :

  1. Login ke Blogger. Seprti biasa, akan masuk ke dashboard blogger
  2. Pilih menu Theme atau Tema di  sebelah kiri dashboard blogger
  3. Klik menu Backup / Restore  atau Cadangkan / Mengembalikan di sebelah kanan atas dashboard.
  4. Atau Klik menu tiga titik di sebalah kanan kemudian pilih upload seperti gambar di bawah ini.

    Mengganti Blog TemplateBack-Up Menu


    Mengganti Blog TemplateBack Up Menu

  5. Kemudian akan muncul menu pop up seperti di bawah ini.

  6. Mengganti Blog TemplateBack-Up Menu

  7. Lakukan back up dengan memilih menu Download full  template di menu pop up. Fungsi backup ini untuk membackup blog. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi error setelah ganti template baru atau kamu pengin kembali ke tampilan template semula setelah diganti yang baru maka kamu tinggal restore template backup tadi.
  8. Setelah backup, kamu pilih menu Choose file atau Pilih File. Pilih file template yang sudah kamu siapkan.
  9. Kemudian pilih menu  Upload.
  10. Setelah proses upload selesai, kamu bisa  lakukan penyesuaian pengaturan  template dengan masuk ke menu Customize atau Edit HTML.
  11. Jika ingin mengatur widget, kamu tinggal klik menu  Layout atau Tata Letak di sidebar menu dashbord blogspot, dan pilih widget yang akan ditambah atau disesuaikan. Setelah selesai atur widget, jangan lupa klik tombol Save arrangement atau Simpan pengaturan.

Itu tadi beberapa langkah mudah untuk megganti template blog di blogger atau blogspot. Jika kamu suka artikel ini, silakan share supaya lebih bermanfaat.
Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post