Persiapan Penting Sebelum Umroh


ibadah umroh bagi muslimUmroh

Artikel ini  akan memberikan tips dan inpirasi buat kita yang ingin melakukan ibadah Umroh. Bagi umat Islam, berkunjung ke Baitulloh baik untuk Haji maupun Umroh merupakan impian yang sangat mulia dan sangat didambakan. Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang kelima yang wajib dilakukan oleh umat Islam apabila sudah mampu melakukannya. Yang dimaksud mampu adalah mampu secara jasmani dan rohani, mampu secara material maupun spiritual.

Seperti dikutip dari channel Ihram Republika.co.id, dalam buku Ensiklopedia Islam Al Kamil yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At Tuwaijiri, beliau menjelaskan apa itu  maksud dari berhaji bagi yang mampu.
Yang dimaksud haji bagi yang mampu yaitu jika seorang Muslim sehat secara jasmani, mampu untuk pergi haji, mempunyai bekal dan adanya kendaraan yang dapat mengantarkannya untuk menjalankan ibadah haji tersebut. Kemudian merka juga bisa kembali pulang dari haji ke daerah asalnya setelah terpenuhi segala kewajibannya, misalnya utang-utang  dan juga adanya nafkah untuk keluarganya yang ditinggalkan. Apa yang mereka miliki melebihi dari kebutuhan primernya.

Oleh karena itu,  apabila seorang Muslim yang mampu karena ada harta dan sehat jasmani, maka ia wajib menunaikan haji untuk dirinya. Dan apabila ada harta akan tetapi lemah fisiknya, maka wajib baginya untuk mencari orang lain untuk menghajikan dirinya.




Sebaliknya, bagi seorang Muslim yang sehat fisiknya akan tetapi tidak tidak mempunyai harta maka ia tidak diwajibkan melakukan ibadah haji. Tetapi jika ia lemah dalam harta dan fisik maka gugurlah kewajiban untuknya. 

Jika Anda mempunyai kelebihan rezeki, artinya segala kebutuhan primer Anda sudah terpenuhi, sebaiknya segera mendaftrkan diri untuk haji karena saat ini antrian porsi haji bisa mencapai 15 - 22 tahun tergantung masing-masing dareah tempat tinggal calon jamaah haji. Setelah melakukan pendaftaran haji, jika Anda ada  kelapangan rezeki, sebaiknya segera mendaftarkan diri untuk ibadah Umroh juga. Anda bisa juga menabung terlebih dahulu untuk ibadah Umroh ini. 

Sebelum mendaftarkan diri untuk ibadah Umroh,  sebaiknya kita perhatikan beberapa tips dan hal berikut ini agar ibadah umtoh kita berjalan lancar dan khusuk:

  1. Pastikan uang untuk Umroh sudah mencukupi.
  2. Paket umroh ada beberapa macam, misalnya paket 10 hari atau 13 hari. Pilihlah paket yang sesuai budget. Ada juga Biro Umroh yang menawarkan paket tambahan wisata ke beberapa negara seperti Turki atau Mesir misalnya. Luruskan niat hanya untuk beribadah, bukan untuk berwisata.

  3. Pilihlah Biro Travel Umroh yang kredibel
  4. Pilihlah Biro Travel Umroh yang kredibel dan mempunyai reputasi bagus. Anda bisa menanyakan referensi Biro Umroh ke teman atau saudara yang sudah pernah melakukannya. Sebaiknya Anda check juga fisik kantor  dan izin Biro Umroh yang akan Anda pilih untuk menghindari praktek dan modus penipuan.

  5. Check dan persiapkan dokumen untuk pembuatan paspor.
  6. Untuk calon jama'ah Umroh yang belum punya paspor, tetntu harus terlebih dahulu membuat paspor di kantor Imigrasi setempat. Pembuatan paspor bisa secara mandiri ke kantor Imigrasi atau minta dibantu Biro Umroh bersangkutan. Dokumen yang diperlukan adalah KTP elektronik, Kartu Kerluarga, dan Buku Nikah atau Akte Lahir atau Ijazah dan ditambah dokumen Surat Rekomendasi pembuatan paspor dari Biro Umroh dan salinan Surat Izin Biro Umroh bersangkutan.
    Nama di Paspor untuk Umroh minimal harus 2 sampai 3 kata.  Jika nama Anda hanya 1 kata, buatlah pengajuan untuk penambahan nama. Di kantor Imigrasi sendiri juga disediakan form Surat Pernyataan Tambah Nama. Biasanya nama yang ditambahkan adalah nama orang tua (Bapak) dan nama kakek. Jika nama Anda misalnya Budi, dan nama Bapak Anda adalah Joko, dan nama Kakek Anda adalah Yanto, maka nama di paspor akan menjadi Budi Joko Yanto.

    Di luar urusan Umroh pun, nama di paspor sebaiknya lebih dari 1 suku kata untuk menghidari proses pemeriksaan yang terlalu lama di Imigrasi negara tujuan. Apalagi negara seperti Singapura, jika nama di paspor hanya 1 suku kata, ada kemungkinan Anda akan diperiksa lebih lama. Nama yang lebih dari 2 suku kata akan lebih unik dan memudahkan proses pengecekan dan identifikasi data. Proses pembuatan paspor ini biadanya membutuhkan waktu 1 sampai dengan 2 minggu hingga paspor selesai. 

  7. Ikuti kegiatan manasik Umroh.
  8. Agar mengetahui  dan memahami rangkaian ibdahan Umroh, sebaiknya Anda mengikuti kegiatan manasik Umroh  yang dilakukan oleh Biro Umroh. Lengkapi juga referensi mengnai umroh misalnya dengan menonton video panduan Umroh di Youtube.

  9. Persiapkan fisik.
  10. Perbanyak olah raga dan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar badan sehat karena ibadah umroh membutuhkan tenaga dan fisik yang prima.

  11. Persiapan perlengkapan Umroh.
  12. Beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan misalnya baju Ihram, Al-quan kecil, buku do'a, pakaian  untuk tidur, pakaian dalam, sepatu khusus Umroh, obat-obatan pribadi, peralatan mandi, tas pinngang atau tas selempang, sarung, jaket, masker, kaos kaki, kacamata hitam dan lain sebagainya. Sebaiknya tanyakan ke Biro Umroh perlengkapan apa saja yang harus dipersiapkan agar rangkaian ibadah Umroh Anda berjalan lancar dan khusuk.

  13. Perhatikan jumlah bagasi.
  14. Ketentuan berat bagasi yang diperbolehkan dibawa oleh setiap jamah Umroh, silakan ditanyakan ke Biro Umroh tempat Anda mendaftar. Ini berkaitan juga dengan beberapa peraturan maskapai penerbangan soal bagasi, misalnya berat bagasi dan ketentuan mengenai jumlah maksimal  barang berupa cairan yang boleh dibawa.

  15. Cek kondisi cuaca.
  16. Ada baiknya cek perkiraan kondisi cuaca di Mekkah dan Madinah di saat Anda melakukan Umroh. Salah satu situs dan juga aplikasi yang menyediakan informasi mengenai cuaca adalah accuweather.com. Melalui  aplikasi maupun di website accuweather kita bisa mengetahui kondisi cuaca saat ini, per jam, harian, maupun bulanan. Jika Anda berangkat umroh bulan  Januari 2020 misalnya, maka klik tombol menu bulanan dan pilih Januari 2020. Maka accuweather akan menampilkan estimasi cuaca harian di bulan Januari 2020.

    ibadah umroh bagi muslimAccuweather.com

  17. Luruskan Niat.
  18. Ini yang penting! Niat harus diluruskan hanya untuk beribadah karena Alloh dan bukan untuk berwisata atau shopping misalnya.


Beda Umroh dan Haji


Dari sisi rukun ibadah, terdapat perbedaan haji dan umrah. Rukun haji yaitu :
  1. Niat ihram
  2. Wukuf di Arafah
  3. Tawaf
  4. Sa'i
  5. Tahallul atau memotong rambut. 
Sementara itu, dalam umrah, tidak ada rukun wukuf di Arafah. Empat rukun lain sama, yaitu  :
  1. Niat ihram
  2. Tawaf
  3. Sa'i
  4. Tahallul atau memotong rambut. 
Dari sisi waktu pelaksanaan ibadah, ibadah Haji hanya bisa dilakukan di bulan Dzulhijjah saja, sementara ibadah Umroh bisa dilakukan sepanjang tahun.
Kita bisa melakukan ibadah haji sambil umroh, sementara ibadah umroh hanya untuk umroh saja.

Semoga artikel dan tips ini bisa memberikan inpirasi bagi kita untuk segera memnuhi panggilan Alloh subhanahu wata'ala untuk segera melakukan ibadah  haji dan  umroh.

Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post