Raja Youtube Asia Yang Lagi Galau


atta halilintarInstagram @attahalilintar

Atta Halilintar diberitakan sebagai salah satu Youtuber terkaya di dunia. Dia menduduki rangking 8 Youtuber terkaya dunia menurut Purple Moon Promotional Products, sebuah  perusahaan yang bergerak di bidang brand merchandise asal Inggris Atta, yang mempunyai nama lengkap Muhammad Attamimi Halilintar merupakan anak sulung dari sebelas bersaudara keluarga Gen Halilintar. Dia lahir di Dumai, Riau pada tanggal 20 November 1994.

Dikutip dari Kumparan.com, Atta nangkring di rangking 8  dari 10 Youtuber terkaya dunia. Estimasi penghasilan ini berdasarkan kalkulasi tool software "YouTube Money Calculator" dengan mengkalikan tampilan video perbulan dengan pembayaran rata-rata iklan Youtube. Menurut Kumparan, pembayaran rata-rata iklan Youtube sebesar 56,747 rupiah per 1000 views.

10 Youtuber dunia terkaya menurut Purle Moon adalah sebagai berikut:



Atta HalilintarInstagram @attahalilintar


  1. PewDiePie: 6.580.997 poundsterling
  2. Dude Perfect: 2.846.916 poundsterling
  3. VanossGaming: 2.195.680 poundsterling
  4. DanTDM: 2.122.932 poundsterling
  5. JuegaGerman: 1.882.936 poundsterling
  6. Markiplier: 1.716.082 poundsterling
  7. Collins Key: 1.713.757 poundsterling
  8. Atta Halilintar: 1.372.884 poundsterling
  9. Jacksepticeye: 1.360.926 poundsterling
  10. Smosh: 1.319.950 poundsterling


Bernarkah Atta berpenghasilan sebesar itu?

Berdasarkan kalkulasi Purple Moon, penghasilan Atta sebesar 23,6 Miliar rupiah per bulan atau 789 Juta per hari. Berita ini menjadi salah satu factor yang membuat Atta galau dan pamit untuk kembali. Menurut Atta, angka yang diberitakan tersebut terlalu berlebihan.

Menurut saya, angka estimasi yang dibuat oleh Purple Moon bisa jadi overestimate karena menggunakan rata-rata CPM kawasan Eropa yang nilainya biasanya lebih tinggi dari CPM Indonesia.  Tidak ada yang tahu pasti bagaimana Google menghitung CPC (cost per click) maupun CPM (cost per thousand impression). Tapi dari berbagai forum diskusi Adsense,  nilai CPC Adsense publisher berbeda di setiap negara. CPC di  Indonesia berbeda dengan nilai CPC  di US atau Eropa. Nilainya akan lebih tinggi CPC di Eropa dan Amerika. Salah satu referensi mengenai hal itu bisa dibaca di Forum Adsesne . Bisa jadi Atta tidak mendapatkan pembayaran sebesar yang diperkirakan Purple Moon. Bisa jadi hanya seperempat dari perkiraan. Angka pastinya tetunya hanya Atta, Google, dan Tuhan yang tahu. Satu pihak lagi yang mungkin tahu, yaitu petugas pajak.



Atta HalilintarAtta Halilintar


Jangan hanya melihat berapa jumlah penghasilan Atta dari ilkan Adsense Google. Youtuber pemula harus lebih focus membuat konten untuk menarik Subscribers. Perjuangan Atta untuk memperoleh Subscribers hingga 18 juta juga pasti tidak mudah. Perlu hampir 5 tahun untuk memperoleh angka itu. Walaupun sempat ada yang menuduh Atta membeli Subscribers, tapi pada kenyataanya sekarang Atta merupakan Raja Youtube Asia. Selalu ada lover dan hater di dunia maya. Biarkan haters menggonggong, Subscribers terus melaju.

Sebaiknya Atta tetap fokus membuat konten yang edukatif dan menghibur.  Jangan berhenti berkarya karena masalah-masalah yang muncul setelah terkenal. Sebagaimana pepatah bijak, makin tinggi pohon akan makin kencang angin menerpanya.




Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post