Cara Membuat Artikel Blog SEO Friendly

word counter
Word & Key Word Dencity Counter Tool


Kualitas sebuah blog salah satunya dinilai dari kualitas artikel yang dimuatnya.  Kualitas suatu blog akan menentukan traffic  pengunjung blog dan juga kualitas kunjungan.  Jika banyak kunjungan yang hanya menjadi bounce rate,  maka kunjungan tersebut tidak memberikan manfaat untuk blog kita. Untuk menetukan kualitas sebuah artikel, banyak parameter yang harus dipenuhi.

Robot Google  dan search engine lain akan  mendeteksi halaman yang  berkualitas rendah atau tidak berkualitas di suatu blog atau situs. Beberapa contoh umum mengenai sebuah halaman yang seringkali  memiliki konten yang kurang berkualitas dengan sedikit  atau bahkan tanpa value added atau nilai tambah untuk pengunjungnya. Beberapa contoh tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Konten yang dibuat secara otomatis
  2. Apa yang dimaksud dengan konten otomastis?  Yaitu konten yang dibuat secara otomatis    dengan menggunakan program tertentu.  Konten  otomatis ini meliputi hal-hal sebagai berikut:
    • Teks konten yang tidak sesuai dengan pencaran pembaca tetapi mungkin berisi kata kunci penelusuran.
    • Teks konten yang diterjemahkan menggunakan alat otomatis tanpa review  atau seleksi oleh manusia sebelum dipublikasikan
    • Teks konten yang dibuat dengan proses otomatis, seperti misalnya menggunakan teknik Rantai Markov, sehingga menghasilkan teks yang tidak relevan dengan pencarian
    • Penggabungan konten  artikel dari halaman web yang berbeda tanpa menambahkan nilai yang memadai
  3. Halaman afiliasi tipis. Misalnnya  afiliasi review produk yang  disalin atau di-copy langsung dari website perusahaan produk tersebut tanpa konten aslio dari penulis.
  4. Konten artikel  dari sumber lain alias plagiat. 
  5. Halaman  dengan teknik doorway atau cloaking page
  6. Teknik  Doorway atau  Cloaking Page  merupakan halaman situs yang ditanamkan  sebuah kode khusus yang difungsikan untuk mendeteksi apakah pengunjung  yang masuk ke halaman tersebut adalah pengunjung atau  bot robot search engine atau  mesin pencari. Apabila sumber pengunjung berasal dari bot mesin pencari atau search engine,  maka pengunjung  akan diarahkan ke halaman khusus yang berisi kata kunci  atay keyword saja.  Akan tetapi bila pengunjung yang datang adalah manusia, maka akan diarahkan ke itampilan halaman dengan bahasa yang normal.

Keuntungan membuat artikel yang berkualitas untuk blog:
  1. Artikel berkualitas memberikan nila tambah untuk pengunjung blog.
  2. Artinya, pengunjung blog mendapatkan informasi sesuai yang mereka inginkan dari blog kita.
  3. Artikel berkualitas disukai oleh search engine
  4. Semua search engine seperti Google, Yahoo!, Bing, dan Yandex sudah tentu menyukai artikel yang berkualitas. Dengan algoritma tertentu, search engine akan menempatkan artikel yang berkualitas di urutan teratas SERP (serach engine results pages) atau hasil pencarian.
  5. Artikel berkualitas akan memudahkan blog ketika didaftakan ke Google Adsene
  6. Google sangat concern dan berkomitmen untuk menjaga kualitas blog atau website publisher iklan mereka. Ini untuk memastikan pengiklan mendapatkan hasil yang sesuai dengan  tujuan dan keinginan pengiklan dari invetasi yang telah mereka tanam di Google Ads.

Untuk membuat artikel berkualitas tersebut, berapa jumlah kata yang harus dibuat agar sebuah artike dikategorikan berkualitas dan SEO friendly? Banyak pendapat mengenai hal ini. Ada yang bilang harus di atas 2.000 kata, sebagaian lagi berpendapat di atas 1.000 kata.  Jumlah di atas 1.000 kata biasa digunakan jurnalis untuk menulis sebuah berit dan blogger profesional. Untuk blogger pada umumnya membuat artikel  SEO format menggunakan 350-800 kata tergantung dari topik yang dibahas. Pada intinya artikel harus menjelaskan topik secara jelas, rinci, dan medalam sehingga pembaca bisa paham mengenai topik yang dibahas.

Untuk mempermudah kita menghitung jumlah kata dari artikel yang kita buat, berikut ada beberapa tool yang bisa gunakan. Tool ini juga bisa membantu kita menghitung keyword density dari artikel yang kita  buat.
  1. Microsoft Word
  2. Secara default MS word sudah menampilkan   jumlah halaman,  jumlah kata, jumlah karakter dengan spasi, jumlah karakter  tanpa spasi, jumlah paragraf, dan  jumlah baris. Cara melihatnya dengan klik menu Word count di kiri bawah aplikasi MS Word.
    word counter MS Word

  3. Wordcounter
  4. Tool ini menampilkan   jumlah kata, jumlah karakter,   jumlah kalimat,  jumlah paragraf,  dan  jumlah halaman. Dilengkapi juga dengan jumlah keyword.
    word counter Wordcounter

  5. Easywordcount
  6. Tool ini  hanya menampilkan   jumlah kata, jumlah karakter dengan spasi, dan jumlah karakter tanpa spasi.

    word counter Easywordcount

  7. Keywordtool
  8. Keywordtool menampilkan jumlah kata, jumlah karakter dengan spasi, jumlah karakter  tanpa spasi,  jumlah kalimat, dan jumlah paragraph.
    word counter Keywordtool

  9. Countwordsfree
  10. Menampilkan jumlah kata, jumlah karakter dengan spasi, dan data text overview.

    word counter Countwordfree

  11. Wordcounter
  12. Menampilkan  jumlah kata, jumlah karakter dengan spasi, text overview dan keyword density.
  13. Wordcounttools
  14. Tool ini menampilkan  jumlah kata, jumlah karakter dengan spasi, jumlah karakter  tanpa spasi. Menampilkan juga data word count statistic.
  15. Countofwords
  16. Countofword hanya menampilkan jumlah kata saja.

Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post