5 Tips Memilih Web Hosting Sesuai Kebutuhan


 Web HostingWeb Hosting
Saat ini, ada banyak sekali pilihan web hosting yang ditawarkan oleh banyak perusahaan hosting atau hoster, baik  yang local Indoneisa maupun dari luar negeri. Salah satu  web hosting local terbaik yang bisa Anda pilih misalnya Niagahoster. Dalam memilih hosting ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan matang - matang, baik berupa pertimbangan biaya maupun pertimbangan teknis dan kualitas.




Tapi bagaimana Anda memutuskan  blog hosting yang mana  yang terbaik untuk Anda? Supya kita tidak bingung memilihnya, berikut ada beberapa aspek  yang bisa Anda gunakan sebagai parameter dalam memilih web hosting yang disarankan oleh Susan Gunelius sebagaimana dimuat di weblogs.about.com. Susan merupakan seorang blogging expert.

1. Biaya


Lakukan review mengenai layanan yang ditawarkan oleh beberapa web hoster dan temukan satu piliham yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan harga terbaik. Kemudian lakukan penelitian lebih jauh. Tanyakan blogger lain atau bisa cari juga referensi di internet mengenai web hosting apa yang mereka gunakan saat ini. Hal ini penting  untuk mendapatkan beberapa pendapat tentang layanan dan harga. Berhati-hatilah bahwa paket layanan blog hosting sering berubah, jadi penting untuk selalu memeriksa situs web host blog untuk informasi tentang fitur paket yang ditawarkan dan harga  saat ini. Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan hosting Anda saat ini. Anda bisa mengupgradenya nanti jika traffic blog sudah membutuhkan updgare.
Harga yang ditawarkan masing-masing web hoster biasanya berbeda-beda, dari paket personal blog, medium, sampai kelas web untuk bisnis.


2. Transfer Data 


Pastikan Anda memeriksa berapa banyak data yang dapat Anda transfer melalui blog Anda setiap bulan dari setiap hoster yang Anda review untuk dipilih. Batas transfer data harus cukup tinggi untuk menampung semua data yang Anda publikasikan di blog Anda yang  dapat dilihat oleh setiap orang yang mengunjunginya. Ingat, Anda selalu dapat meng-upgrade ke batas transfer yang lebih tinggi agar blog Anda tumbuh, jadi jangan overbuy  di awal. Artinya jangan membeli melebihi batas kebutuhan Anda karena akan menjadi mubazir.

3. Disk Space


Setiap pemilik account  web hosting akan diberikan  alokasi  sejumlah kapsitas  tertentu  di server untuk menyimpan web mereka. Periksa alokasi  disk space  dari masing – masing Hoster yang ditawarkan untuk memastikan Anda memilih pilihan terbaik untuk kebutuhan dan anggaran Anda. Ingat, kebanyakan blogger tidak perlu  ruang sampai  hitungan terabyte, sehingga jangan terpengaruh oleh paket yang menawarkan jumlah  ruang selangit.

4. Reliability - Speed and Up-time


Jika pengunjung tidak dapat mengakses blog Anda atau bahkan Anda tidak bisa login untuk memperbarui Blog Anda, maka tidak ada gunanya  memakai hoster seperti ini, karena akan menyebakan traffic ke Blog Anda akan menurun. Itulah mengapa sangat penting untuk memahami up-time yang ditawarkan oleh blog hosting Anda. Selain itu, jika kecepatan dalam mengakses blog Anda terlalu lambat karena server blog host Anda telah melebihi kapasitasnya, pengunjung akan menjadi frustrasi dan akan pergi meninggalkan blog Anda dan tidak akan mau berjunjung kembali. Pastikan Anda mengevaluasi blog host berdasarkan kehandalan mereka untuk memastikan Anda dan pengunjung Anda akan benar-benar mendapatkan apa yang Anda bayar.

5. Dukungan / Support


Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah tentang layanan hosting Anda, itu penting bahwa blog host Anda memiliki karyawan yang tersedia setiap saat untuk membantu Anda. Tinjau jenis dukungan yang ditawarkan oleh masing-masing blog hosting  untuk memastikan support atau dukungan tersebut cukup. Support atau dukungan harus tersewdia 24/7 alias 24 jam sehari dan 7 hari peunh dalam seminggu. Biasanya web hoster akan menyediakan fasilitas chatting di website mereka. Melalui media chatting inilah kita bisa berkomunikasi dengan hoster untuk konsultasi atau bantuan teknis. Pada umumnya chatting akan segera direspon dalam waktu 5 menit paling lama.
Masalah  teknis bisa muncul  kapan saja. Bisa jadi blog Anda tiba-tiba down tengah malam, padahal traffic blog sedang tinggi. Di saat seperti inilah support atau dukungan dari web hoster sangat dibutuhkan.

Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post