6 Alasan Untuk Meminum Air


manfaat minum airpxhere.com
Sebagian orang di seluruh dunia, termasuk di negara maju seperti Amerika sudah terbiasa membawa botol air ke mana-mana mereka pergi. Bahkan,  air putih telah menjadi minuman yang paling populer kedua  setelah minuman ringan. Tapi pecinta air mendapat kejutan baru-baru ini ketika kita mendengar laporan baru yang menyatakan bahwa manfaat air minum mungkin telah oversold. Rupanya, saran lama untuk minum delapan gelas sehari tidak lebih dari pedoman, bukan didasarkan pada bukti ilmiah. Demikian sebagaimana dilansir oleh situs webmd.com.

Akan tetapi  sepertinya kita tetap perlu meminum air putih yang cukup. Walaupun mungkin kita tidak perlu delapan gelas sehari, ada banyak alasan untuk minum air. Bahkan, air minum  baik  dalam bentuk ari putih atau dalam bentuk cairan atau makanan adalah penting untuk kesehatan Anda.

Air sebagai sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang hadir dalam cairan, air putih, dan makanan. Kehilangan cairan tubuh  yang berjalan secara terus menerus, baik itu karena penguapan kulit, pernapasan, air kencing, dan feses. Kehilangan cairan ini harus diganti dengan cairan setiap hari untuk kesehatan yang baik,

Ketika asupan air kita tidak sama  dengan pengeluarannya, kita bisa mengalami dehidrasi. Kehilangan cairan terjadi terutama disebabkan oleh cuaca panas, olahraga berat, berasda di dataran tinggi, dan  juga pada orang tua.

manfaat minum airwbmd.com

Berikut adalah enam alasan Anda harus minum cukup air atau cairan lainnya setiap hari:

1. Minum Air Membantu Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh. 
Tubuh Anda terdiri dari sekitar 60% air. Fungsi cairan tubuh termasuk untuk pencernaan, penyerapan, sirkulasi, penciptaan air liur, transportasi nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh.
"Melalui kelenjar hipofisis posterior, otak Anda berkomunikasi dengan ginjal dan mengatakan itu berapa banyak air yang akan dikeluarkan sebagai urine dan yang dipertahankan sebagai cadangan," kata Guest, yang juga seorang profesor kedokteran di Universitas Stanford.

Ketika cairan tubuh Anda rendah, otak memicu mekanisme rasa haus tubuh. Dan kecuali jika Anda dalam pengobatan yang membuat Anda haus, Guest mengatakan, Anda harus mendengarkan sinyal mereka dan segera minum air putih, jus, susu, kopi  atau apa pun kecuali alkohol.
Alkohol mengganggu komunikasi otak dan ginjal dan menyebabkan kelebihan ekskresi cairan yang kemudian dapat menyebabkan dehidrasi, "katanya.

2. Air Dapat Membantu Mengontrol Kalori. 
Selama bertahun-tahun, para pelaku diet telah minum banyak air sebagai strategi menurunkan berat badan. Sementara air tidak memiliki efek magis pada penurunan berat badan. Akan tetapi mengganti minuman berkalori tinggi  dengan air putih tentu dapat membantu diet.

"Apa yang bisa membantu  dalam penurunan berat badan adalah jika Anda memilih air atau minuman non-kalori  daripada minuman kalori dan atau makan makanan diet  yang kaya air yang sehat, lebih mengenyangkani, dan membantu Anda memangkas asupan kalori," kata Peneliti negara bagian Pennsylvania  Barbara Rolls, PhD, penulis  buku The VolumetricsWeight Control Plan.
Makanan dengan kadar air yang tinggi cenderung terlihat lebih besar, volume lebih tinggi memerlukan lebih banyak mengunyah, dan diserap lebih lambat oleh tubuh, yang membantu Anda merasa kenyang. Makanan yang kaya air termasuk buah-buahan, sayuran, berbasis kaldu sup, oatmeal, dan kacang-kacangan.

3. Air Membantu Memberikan Energi Pada  Otot. 
Sel yang tidak menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit  merka akan mengerut, yang dapat mengakibatkan kelelahan otot. "Ketika sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak bekerja dengan baik dan kinerja dapat menurun," kata  Guest.
Minum cairan yang cukup penting saat berolahraga. Ikuti pedoman  American College of Sports Medicine untuk asupan cairan sebelum dan selama aktivitas fisik. Pedoman ini merekomendasikan bahwa orang minum sekitar 17 ons cairan sekitar dua jam sebelum latihan. Selama latihan, mereka merekomendasikan bahwa orang mulai minum cairan lebih awal, dan minum secara berkala untuk mengganti cairan yang hilang dengan berkeringat.

4. Air Membantu Kulit Terus Terlihat Sehat.
Kulit Anda mengandung banyak air yang ber fungsi sebagai pelindung untuk mencegah kehilangan cairan. Tapi jangan berharap  over-hidrasi untuk menghapus kerutan atau garis-garis halus di kulit, kata Atlanta dokter kulit Kenneth Ellner, MD.
"Dehidrasi membuat kulit Anda terlihat lebih kering dan keriput, yang dapat ditingkatkan dengan hidrasi yang tepat," katanya. "Tapi setelah Anda cukup terhidrasi, ginjal mengambil alih dan mengeluarkan kelebihan cairan."
Anda juga dapat membantu "mengunci" kelembaban ke kulit Anda dengan menggunakan pelembab, yang menciptakan penghalang fisik untuk menjaga kelembaban kulit.

5. Air Membantu Ginjal Anda. 
Cairan tubuh mengangkut produk-produk limbah masuk dan keluar dari sel. Toksin utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah,  yaitu limbah  yang larut dalam air yang mampu melewati ginjal untuk dibuang dalam urin, Guest menjelaskan. "Ginjal Anda melakukan pekerjaan yang menakjubkan yaitu  membersihkan tubuh Anda dari racun selama asupan cairan yang  Anda minum memadai," katanya.

Ketika Anda mendapatkan cukup cairan, urin mengalir dengan bebas, jernih dan tidak bau. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup cairan, konsentrasi urin, warna, dan bau meningkat karena ginjal menggunakan cairan tambahan untuk fungsi tubuh.
Jika Anda minum terlalu sedikit, Anda mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi untuk batu ginjal, terutama di iklim hangat, Guest memperingatkan.

6. Air Membantu Menjaga  Fungsi Normal Usus. 
Hidrasi yang cukup  membuat segala sesuatu tetap mengalir di sepanjang saluran pencernaan Anda dan mencegah sembelit. Bila Anda tidak mendapatkan cukup cairan, usus besar menarik air dari kotoran untuk menjaga hidrasi - dan hasilnya adalah sembelit.

"Cairan yang cukup dan serat adalah kombinasi sempurna, karena cairan memompa serat dan bertindak seperti sapu untuk menjaga usus Anda berfungsi dengan baik," kata Koelemay.

manfaat minum airGoogle


5 Tips untuk Membantu Anda Minum LebihJika Anda berpikir Anda perlu minum lebih banyak, berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan asupan cairan dan Anda bisa mendapat keuntungan dari air:
1. Minumanlah setiap  makan makanan ringan dan makan.
2. Pilih minuman  yang Anda sukai.  Anda cenderung untuk minum lebih banyak cairan jika Anda suka rasa minuman yang Anda minum.
3. Makan lebih banyak buah dan sayuran. Kadar air tinggi akan menambah hidrasi Anda. Sekitar 20% dari asupan cairan kita berasal dari makanan.
4. Simpanlah botol air di dalam mobil Anda, di meja Anda, atau di tas Anda.
5. Pilihlah  minuman yang  sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Jika Anda  menghindari minuman tinggi kalori, minumlah minuman non-kalori atau air putih.

Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post