Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

Tips Memilih Sekolah Untuk AnakMemilih Sekolah

Menjelang tahun ajaran baru, biasanya orang tua mempunyai kesibukan baru untuk mencari sekolah yang terbaik untuk putra putri mereka, terutama untuk tingkat Taman Kanak – Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mengapa memilih sekolah menjadi sangat penting? Ya… Memilih sekolah untuk anak merupakan hal yang sangat penting karena  sekolah merupakan  investasi masa depan untuk anak-anak kita. Walaupun sekolah tidak menjamin kesuksesan dan masa depan anak-anak kita, akan tetapi sekolah akan membuka jalan bagi kesuksesan dan masa depan anak-anak kita.
Berikut bebeapa hal yang perlu diperhatikan saat kita mencari dan menentukan sekolah yang terbaik untuk putra-putri kita, terutama sekolah swasta karena biaya yang dikeluarkan untuk sekolah swasta biasanya lebih tinggi dibanding sekolah negeri.

1. Profil Sekolah.

Profil sekolah tentunya akan berkorelasi dengan kualitas belajar mengajar di sekolah tersebut. Masing-masing kota atau daerah biasanya memiliki beberapa sekolah unggulan. Selain informasi dari masyarakat, profil sekolah bisa juga kita akses di website sekolah yang kita pilih. Saat sekarang, sebagians sekolah swasta sudah memiliki website yang cukup memadai. Jika belum tahu alamat situs sekolah yang Anda inginkan,  coba cari di google. Semakin banyak sekolah yang kita masukkan daftar, akan semakin banyak pilihan yang  bisa kita buat. Pilihlah sekolah yang memiliki profil baik. 

Tips Memilih Sekolah Untuk AnakDIT Al-Falah Darussalam Surabaya


2. Tingkat Kelulusan UN 

Walaupun ujian nasional (UN) kabarnya akan dihapuskan, tingkat kelulusan UN bisa menjadi salah satu parameter profil sekolah yang akan kita pilih. Semakin tinggi tingkat kelulusan suaru sekola, tentunya semakin bagus sekolah tersebut.

3. Cari Referensi 

Cari referensi ke beberapa orang sudah menyekolahkan anak mereka di sekolah tersebut. Ada baiknya mencari referensi ke beberapa teman yang pernah menyekolahkan anaknya di sekolah yang akan kita pilih.  Pendapat 2 atau 3 orang bisa jadi sudah cukup untuk menggambarkan baik dan buruknya suatu sekolah.

4. Metode Pengajaran Alquran

Untuk Anda yang Muslim, ketika mencari sekolah Islam terpadu, sebaiknya pastikan sekolah mengajarkan baca tulis Alquran. Ada beberapa metode pembelajaran Al Quran yang dilakukan sekolah misalnya Iqra, Umi, atau metode pembelajaran yang dikembangkan oleh sekolah tersebut.

5. Lakukan Survey ke sekolah

Aha...  Survey ke calon sekolah anak kita merupakan sesuatu yang menurut saya mandatory alias wajib. Kita perlu tahu fisik bangunan sekolah anak-anak kita. Jangan membeli kucing dalam karung. Paling tidak pastikan  Anda memilih sekolah dengan ruang kelas dan toile yang layak. Jika sekolah yang Anda pilih adalah sekolah high grade, pastikan  ruang kelas meiliki pendingin ruangan yang cukup.

Tips Memilih Sekolah Untuk AnakSMP Hidayatullah Semarang

6. Profil pengajar

Profil para pengajar bisa Anda tanyakan ke teman atau kokega Anda yang pernah menyekolahkan putra-putri mereka di sekolah tersebut. Bukannya mau bertindak diskrimatif, akan tetapi staf pengajar perempuan menurut saya lebih baik dari staf pengajar laki-laki. Ini pengalaman pribadi saya yang telah menyekolahkan putri saya di 2 sekolah yang berbeda di Surabaya dan Semarang. Staf pengajar  perempuan  tentunya memiliki jiwa yang keibuan, sabar, dan telaten.

7. Kegiatan Extrakurikuler

Banyak kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan oleh sekolah seperti misalnya beladiri, renang, bahasa Inggris dan sebagainya. Pilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minat anak kita, bukan kegiatan yang disukai oleh kita.

8. Lokasi sekolah dan tempat tinggal 

Lokasi yang mudah dijangkau dan akses yang mudah tentu akan memudahkan hidup kita. Kalau setiap hari berangkat dan pulang sekolah berkutat dengan kemacetan bisa jadi akan membuat orang tua dan juga si anak menjadi stress bukan?
Pilihlah sekolah yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal kita. Atau..... Pilihlah tempat tinggal yang dekat dengan sekolah anak kita.

9. Pertimbangkan biaya

Biaya yang perlu menjkadi pertimbangan adalah biaya masuk sekolah berupa uang gedung dan sebagainya, dan biaya SPP yang harus dibayar setiap bulannya. Sesuaikan dengan budget yang kita miliki. 

10.Kelas Reguler dan Internasional

Di beberapa sekolah swasta, biasanya ada dua piliha program yang  bisa dipilih, yaitu kelas reguler dan kelas internasional. Jika Anda mengharapkan putra-putri Anda lebih cepat bisa cas cis cus dalam berbahasa Inggris, ada baiknya ikut ke dalam  International Class. Di kelas ini pelajaran bahasa Inggris lebih ditekankan, dan bahasa pengantar  sebagian mata pelajaran juga menggunakan bahasa Inggris.
Akan tetapi jika dirasa cukup dengan bergabung di kelas reguler, tentu itu juga pilihan terbaik untuk putra putri Anda. Biaya masuk dan SPP kelas internasional biasanya lebih tinggi daripada biaya kelas reguler.

11. Antar Jemput ke Sekolah

Sekolah, terutama sekolah yang high grade, biasanya menyediakan fasilitas antar jemput untuk anak didiknya.  Akan b yang perlu menjadi pertimbangan ketika kita akan menggunakan fasilitas ini adalah waktu tempuh yang harus dijalani oleh anak-anak kita. Dengan menggunakan antar jemput ke sekolah, akan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada ketika menggunakan kendaraan sendiri. Mengapa? Karena dalam satu  mobil atau bus antar jemput, biasanya lebih dari 10 anak yang harus dijemput dan diantar satu persatu ke tempat tujuan mereka masing-masing. 

Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post