6 Tool Gratis Untuk Memonitor Uptime dan Downtime Blog

Apakah kamu pernah mengalami blog atau website kamu down atau tidak bisa diakses tanpa kamu sadari? Bisa jadi kita tidak menyadari blog atau wesbite yang kita kelola ternyata down. Karena kita tidak akan bisa 24 jam sehari memonitor status blog atau website kita.  Memonitor uptime dan downtime blog atau website sangat perlu dilakukan agar kita mendapatkan notifikasi atau pemberitahun ketika terjadi down atau pun error. Kita tentunya tidak bisa mengawasi blog kita sepanjang waktu, oleh karena itu, perlu membuat pusat monitor blog.
Uptime adalah ukuran keandalan sistem telah bekerja dan tersedia, dinyatakan sebagai persentase waktu mesin.


uptime downtime websiteUptimerobot.com

Penyebab Downtime Blog

Sebuah blog bisa mengalami down pada umumnya karena 2  hal:

1. Database down (Error 404)
Misalnya karena Admin blog salah melakukan setting DNS sehingga menyebabkan blog tidak bisa diakses. Penyebab lainnya
karena situs terkena serangan hacker.

2. Server down (Error 500)
Blog mengalami down karena terjadi error server atau sedang dilakukan maintenance server. Web hosting yang bagus harus
bisa memastikan uptime server mereka di atas 99,9%. Disinilah perlunya kita memilih web hosting yang kredible untuk
memastikan blog kita online terus. Salah satu layanan webhosting terbaik yang bisa kamu pilih adalah layanan hosting Niagahoster

Sangat penting bagi setiap pemilik blog atau administrator untuk memastikan ada peringatan yang tepat, sehingga kamu  diberi tahu ketika blog mengalami down. Peringatan terjadinya down biasanya dikirimkan melalui email yang sudah didaftarkan, atau melalui layanan SMS. Layanan melalui SMS biasanya hanya untuk layanan monitor berbayar.

Ada banyak layanan monitor blog yang tersedia, bahkan sebagian besar free alias gratis. Robot tool monitor uptime dan dowtime blog akan mengecek status blog kamu, kemudian robot akan mnedapatkan kode status 200 (OK), 400 (not found), atau 5xx error. Robot akan mengecek setiap 5 menit atau sesuai interval yang kita atur di dashboord tool.

Berikut ini beberapa layana tool monitoring gratis untuk blog atau website yang bisa kamu pakai :

1. Uptime Robot
2. Freshping
3. HetrixTools
4. StatusCake
5. Pingbreak
6. Happy Apps



1. Uptime Robot 



uptime downtime websiteUptimerobot.com

Uptime Robot merupakan layanna blog atau website monitoring yang paling banyak dipakai. Uptime Robot memberikan layanan blog atau website monitoring sebanyak 50 blog / website dengan interrval 5 menit dan log histrory  data selama 2 bulan.

2. Freshping  



uptime downtime websiteFreshping

Layanan gratis Freshping berlaku untuk 50 website / blog dengan interval 1 meni dan log data 6 bulan. Freshping menjadi solusi untuk kamu yang mencari blog monitoring secara gratis bahkan gratis semumur hidup. Freshping akan memonitor website atau blog kita dari 10 lokasi berbeda di seluruh dunia.

3. HetrixTools 



uptime downtime websiteHetrixTools

HetrixTools memberikan layanan website monitoring gratis untuk 15 website dengan interval monitoring  setiap 1 menit dari 3 dari 4 lokasi pengecekan. Kelebihan HetrixTool bisa menyajikan uptime report history secara unlimited.

4. StatusCake  



uptime downtime websiteStatuscake.com


StatusCake memberikan layanan monitoring untuk 10 website  dengan interval 5 menit. StatusCake juga menawarkan Page Speed Monitoring untuk blog atau website kamu.

5. Pingbreak  



uptime downtime websitePingbreak.com


Pingbreak memberikan layanan monitoring untuk 20 blog atau website dengan interval setiap 1 menit. Pingbreak merupakan layanan yang relatif baru dan dapat memberikan notofikasi melaui Twitter.

6. Happy Apps  



uptime downtime websiteHappyApps.io


HappyApps memberikan layanan website atau blog monitoring untuk 3 blog atau website dengan interval mulai setiap 5 menit dan history log selama 3 hari.
Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post