7 Tempat Wisata Keren di Sabang

Sabang
Booking.com


Provinsi Aceh merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi wisata di Pulau Sumatera. Daerah ini memiliki banyak pantai yang cantik dan berbagai landmark yang sangat harus kamu kunjungi.
Salah satu tujuan wisata yang masuk daftar wajib kunjung kalau kamu ke Aceh adalah Kota Sabang. Kota Sabang terletak di Pulau Weh, di ujung paling barat Indonesia. Sebuah pulau indah yang dihisasi jalan berkelok - kelok akan membuat Anda mengagumi keindahan alam ciptaan Tuhan. Pulau ini hanya berjarak 30 menit perjalanan feri dari Banda Aceh.



Wisata Fantastis

Asyiknya berwisata ke Sabang adalah tidak menguras isi dompet kamu. Biaya masuk ke tempat wisata di daerah ini cukup murah atau bahkan ada tempat tidak dikutip pembayaran, kecuali parkir dan sewa peralatan snorkeling atau diving.

Beberapa tempat fantastis yang ditawarkan di Sabang di bawah ini akan memberikan sejumlah pengalaman fantastis untuk mengisi liburan kamu. Tetapi juga penting untuk diperhatikan bahwa kesopanan dianggap sebagai tanda penghormatan dan dihargai di wilayah ini karena Aceh adalah provinsi menjalankan hukum syari'ah.
Tips: Selama berwisata di Sabang kamu bisa sewa mobil atau sepeda motor untuk operasional. Jangan lupa cobain juga Sate Gurita khas Sabang.

  1. Pulau Rubia (Snorkeling & Diving)

  2. Sabang Tripsabang.com

    Pulau Rubiah merupakan destinasi favorit untuk bermain snorkeling di Sabang. Berjarak sekitar 21,5 kilometer dari Bandara Maimun Saleh Kota Sabang atau berjarak sekitar 27 kilometer dari Pelabuhan Balohan Sabang dengan waktu tempuh 42 meit jika kamu naik kapal feri dari Banda Aceh. Untuk menuju Pulau Rubiah, kamu harus terlebih dahulu ke Panti Iboi. Kendaraan baik mobil atapun sepeda motor bisa diparkir di kawasan parkir di Pantai Iboi ini.

    Sedangkan untuk menuju ke Pulau Rubia kamu harus naik speed boat. Harga sewa speed boat sekitar 200.000 rupiah. Sewa peralatan snorkeling yang berupa masker, kacamata, dan sepatu katak, dan jaket pelampung per set 45.000 rupiah. Kalau mau sewa kamera Go-Pro harga sewanya 150.000 rupiah.  Kalau mau diving, sewa peralatan sehesar 400.000 rupiah. Ada juga disediakan jasa pemandu untuk mengajari snorkeling dan memandu kamu selama melakukan snorkeling.

    Di Pantai Iboi terdapat banyak hotel dan penginapan yang bisa kamu pilih untuk menginap selama menjalani wisata Sabang. Tips penting kalau kamu kes ini, bawalah uang cash yang cukup karena walaupun di Pantai Iboi ada ATM BRI dan BNI, akan tetapi sering terjadi mati lampu atau ATM tidak berfungsi.

  3. Pantai Sumur Tiga
  4. Pantai SUmur Tiga merupakah salah satu tujuan wisata favorit di Sabang. Kamu bisa menikmati keindahan pantai tanpa harus bayar mahal. Terletak sekitar 7.4 kilometer dari Bandara Maimun Sales atau 12.3 kilometer dari Pelabuhan Balohan Sabang dengan waktu tempuh 20 menit.

  5. Pantai Hotel Freddie’s Santai
  6. Masih berlokasi di dekat Pantai Sumur Tiga. Pantai di sekitar Hotel Freddie’s Santai ini luar biasa indah. Jalan masuk ke Freddie’s Hotel sendiri hanya berupa jalan setapak kecil. Untuk menuju pantai kamu harus menuruni jalan menurun di lokasi hotel. Pemandangan pantainya luar biasa dilihat dari pintu masuk ke hotel. Di hotel ini juga terdapat cafĂ© untuk umum selain untuk tamu hotel. Kamu bisa menikmati makan dan minuman sambil menikmati keindahan dan suasana pantai yang masih sangat natural. Di hotel ini banyak turis asing menginap. Pemilik hotel ini adalah seorang warga negara Belanda.

    Sabang KitaBaca.in

  7. Pantai Casa Nemo Resort
  8. Casa Nemo resort juga terlateak di sekita pantai Sumur Tiga. Hotel ini juga merupakan hotel favorit di Pulau Sabang. Kamu harus jauh-jauh hari booking hotel supaya bisa menginap di hotel ini.

    Sabang Casa Nemo | Booking.com

  9. Pantai Anoi Itam (Anoi Itam Beach)
  10. Pantai Anoi Itam berbeda dengan pantai pada umumnya karena pantai yang satu ini pasirnya berwarna hitam. Asal muasal pasir pantai Anoi berwarna hitam adalah karena berasal dari letusan gunung berapi di Pulau Weh. Pantai Anoi Itam hanya berjarak 4.7 kilometer dari Pelabuhan Balohan atau 12 kilometer dari Bandara Maimun Saleh Sabang.

    pantai anoi itam Sabangwikimedia.org

  11. Tugu KM 0
  12. Titik KM 0 ini menjadi salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi terutama oleh turis lokal. Tugu KM 0 menjadi penanda ujung wilayah Indonesia paling barat. Sebenarnya tiitik 0 KM Indonesia bagia barat ada di Pulau Rondo. Akan tetapi karena akses menuju Pulau Rondo sulit dan tidak berpenghuni, maka tugu 0 KM dibangun di daerah Iboih. Kalau kamu berkunjung ke sini jangan lupa cobain rujak buah khas Aceh yang dijual di penggir jalan menuju tugu 0 KM. Rasa rujaknya cukup enak karena menggunakan salak Aceh.

    Sabang Kilometer O

  13. Goa Sarang

  14. Sabangpedomanwisatacom

    Goa Sarang masih berada di daerah Iboi. Daerah wisata Sabang yang satu ini terletak di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung Pulau Weh yang menjorok ke laut biru. Kalau kamu berkunjung ke sana, setibanya di pos pembelian tiket masuk, kamu harus menuruni puluhan anak tangga untuk mencapai titik awal jalur tracking dan keberangkatan perahu ke Goa Sarang. Di tempat wisata Sabang ini terdapat 7 goa tempat bersarangnya burung Walet dan Kelelawar. Untuk bisa mencapai ke sisi bagian goa, kamu bisa tracking alias jalan kaki ataupun menyewa perahu fiber yang disediakan di tempat wisata sabang tersebut.



Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post