Info Buku : Morning Briefing @Work!

morning briefing @work
Morning Briefing @Work | Foto: goodreads,com

Menjadi seorang leader atau pemimpin  menutut kita mempunyai leadership yang handal  sehingga team bisa bekerja secara efektif dan produktif.   Sebagain orang bilang bahwa leadership adalah seni karena  menangani banyak orang dengan berbagai karakter dan latar belakang yang berbeda. Di sinilah seorang leader dituntut untuk   bisa mengakomodasi semua perbedaan tersebut. 
Untuk menjadi seorang leader  atau pemimpin yang  bisa menciptakan perilaku yang efektif dan produktif bagi timnya, buku ini sangat layak untuk dibaca dan dijadikan refensi untuk melakukan tugas –tugas Anda sebagai pemimpin sebuah tim.

Morning Briefing @Work!

Buku pratical leadership guide book ini diberi judul Morning Briefing @Work! dan ditulis oleh Freddy Liong, MBA, CBA dan dityerbitkan oleh penerbit Gramedia.  Ia merupakan seorang Coach dan Consultant dengan spesialisasi di bidang leadership, management, dan corporate culture change.  Buku ini mengungkap dan menjelaskan kepad Anda  mengenai 30 hal yang seharusnya ditanamkan dan diajarkan oleh seorang Leader atau Pemimpin untuk menciptakan perilaku kerja (attitude) yang efektif dan produktif, dan memberikan tips dan inspirasi yang aplikatif untuk para leader.


leadeship freddy liong
Freddy Liong

Mengapa perilaku efektif dan produktif ini menjadi isu oenting? Apakah tim Anda sudah  benar-benar produktif? Jika iya, sebarapa banyak yang sudah produktif?. Menurut laporan Gallup tahun 2013 yang berjudul State of The American Workspace , hanya sekitar 30% karyawan yang melakukan pekerjaan dengan baik, 50% karyawan hanya menghabiskan waktu  secara tidak produktif.  Sementara  20% karyawan justru melakukan pekerjaan yang kontraproduktif , memberikan pengaruh negative ke rekan kerja, membolos kerja, dan bahkan mengecewakan pelanggan.

morning briefing leadership
Morning Briefing @Work edisi baru
| Foto: bukalapak.com

Anak Buah Bekerja Tidak Sesuai Harapan?

Ada benyak hal yang bisa menyebabkan hasil kerja anak buah kita tidak sesuai harapan. Tapi paling tidak ada 2 hal pasti yang bisa kita identifikasi  sebagai penyebabnya, yaitu anak buah Anda atau malah Anda sendiri sebagai leader yang menyebabkannya.
Melalui buku ini, Anda diarahkan untuk mengevaluasi efektivitas kepemimpinan kita, kemudian Anda  akan  dibawa untuk melakukan langkah demi langkah untuk membuat tim  Anda menjadi lebih efektif dan produktif.  Sebelum masuk ke materi Morning Briefing, Anda akan diminta untuk melakukan evaluasi “Seberapa Efektif Kepemimpinan Anda”. Anda diminta untuk menilai diri Anda sendiri sebagai leader. Ada 3 bagian evaluasi dengan total 30 pertanyaan yang harus diberikan skor 1-4.

1. Tidak Pernah Terjadi
2. Kadang-kadang  Terjadi
3. Sering  Terjadi
4. Sangat Sering Terjadi

Sementara beberapa contoh pertanyaan yang diberikan misalnya :
  1.  Anak buah tidak memilki prioritas kerja yang jelas
  2.  Anak buah sering salah persepsi dengan saya ketika menjalankan penugasan sehingga hasilnya tidak sesuai dengan keinginan saya
  3. Anak buah jarang memberikan susulan atau ide kepada saya
Ada 27 pertanyaan lain yang harus dijawab untuk mengevaluasi efektivitas kepemempinan Anda. 

Salah satu tanggung jawab utama seorang leader atau pemimpin memengaruhi anak buah sedemikian rupa sehingga  mereka mampu bekerja dengan baik, bersemangat tinggi, dan produktif sesuai harapan Leader adalah salah satu tanggung jawab utama seorang leader atau pemimpin

Untuk mendidik anak buah, tidak hanya dengan memerintah dan mengontrol  anak buahnya saja.  Pendekatan ini sudah kuno dan tidak efektif. Cara yang lebih efektif adalah dengan memengaruhi pola pikir anak buah Anda. Kemudian, pola pikir apa saja yang harus ditanamkan ke anak buah? Bagaimanakah sebaiknya cara pemimpin mendidik, melatih, dan mengubah pola pikir, sikap, perilaku, serta kebiasaan kerja anak buahnya? Buku ini akan menjelaskan panduan kepada pemimpin berupa 30 hal yang harus diajarkan, dilatih,  dan ditanamkan kepada tim kerja. Anda bisa melakukan pembahasan ke-30 hal ini  secara berulang sepanjang tahun dengan berbagai tahap dan cara. Morning briefing  setiap hari  merupakan salah satu tool  paling efektif untuk menanamkan pola pikir efektif kepada anak buah.

Buku ini jugga dilengkapi dengan gambar ilustrasi yang menarik, tips, cerita dan quote dari  tokoh-tokoh terkenal seperti Steve Jobs. Setelah membaca buku ini,  Anda akan banyak mendapatkan tips dan inspirasi untuk mendukung pekerjaan Anda sehari-hari sehingga tim Anda akan bekerja lebih efektif dan produktif sesuai harapan Anda.


Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post