Sarapan Pagi Mie Balap Khas Medan

mie balap  medan
Mie Balap | Foto : @medanfoodblog

Sarapan pagi sangat penting untuk asupna gizi untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Jika Anda tidak sarapan di pagi hari, bisa jadi konsentrasi Anda akan terganggu, atau bahkan bisa menyebabkan sakit maag atau asam lambung karena terlalu sering telat makan.

Apa menu sarapan pagi Anda di pagi hari? Jawabannya pasti akan berbeda-beda tergantung masing-masing orang. Jenis sarapan pagi akan tergantung dengan selera dan  daerah asal atau tinggal masing-masing orang. Sarapan nasi goring, mei cepat saji atau mie instant mungkin sudah menjadi menu yang umum untuk kita orang Indonesia. Akan tetapi di samping menu umum tadi, masing-masing daerah biasanya mempunyai ciri khas sarapan masing masing. Misalnya orang Jakarta biasa sarapan nasi uduk. Orang Bandung sarapan dengan bubur ayam. Di Palembang orang sarapan dengan Mpek-mpek. Kalau di Padang, orang sarapan dengan lontong atau nasi gurih. Di Solo pake nasi liwet, sementara di Yogyakarta menyantap nasi gudeg.  Sementara orang Surabaya sarapan lontong balap. Kalau orang Eropa sarapan pagi menggunakan roti atau sereal.

Nah, mungkin ada yang ingin tahu kalau orang Medan sarapan apa saja selain nasi? Salah satu menu sarapan orang Medan selain nasi adalah MIE BALAP. Dari namanya kedengaran  lucu dan unik ya, karena pake kata BALAP. Rasanya enak dan maknyusss, apalagi yang dicampur dengan seafood.

Kenapa dinamakan Mie Balap?
Disebut Mie Balap mengacu kepada proses masaknya. Mie Balap dimasak dengan cara yang cukup cepat dan dalam jumlah yang cukup banyak. Biasanya penjual Mie Balap akan memasak dalam satu wajan besar untuk beberapa porsi.

Bahan dan Variasi Mie Balap Medan

Menu Mie Balap Medan dibuat dengan 3 jenis pilihan mie : Mie Bihun, Mie Tiauw, dan Mie Kuning. Proses masaknya cukup sederhana dengan ditumis dan dicampur dengan tauge, bawang putih, dan sawi. Tiga pilihan menu tersebut  dijual dengan 2 variasi : mie balap biasa / original dan mie balap seafood. Untuk mie balap seafood dicampur dengan udang, cumi, dan bakso ikan. Untuk mei balap biasa  atau original biasanya dijual dengan kisaran harga 5 – 8 ribu. Sementara untuk yang seafood dijual dengan harga 15.000,

mie balap medan
Mie Tiauw | Foto : MHM.asia


Dimana Mie Balap Dijual?

Untuk mencari mie balap Medan sangat mudah karena gampang dicari. Biasanya makan ini dijual di pinggir jalan dengan menggunakan. Perlu diketahui, hamper semua pembayaran di warung mie balap adalah cash only. Jadi, siapkan uang tunai kalau mau makan ke tempat ini. Ada beberapa referensi mie balap di Medan yang layak untuk dicoba :
  1. Mie Balap Simpang UMSU
  2. Mie Balap Simpang UMSU berlokasi di Jl. Kapten Muchtar Basri No.9a, Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur Kota Medan dekat simpang Al Falah. Buka setiap hari dari jam 06.00 sampai jam 11.00 pagi.
  3. Mie Balap Putra  Denai
  4. Berlokasi di Jalan Denai, tepatnya di seberang SPBU Denai. Buka jam 07.00 sampai dengan jam 11.00 pagi.
  5. Mie Balap Mangga Dua Karya Kasih
  6. Berlokasi di depan Pasar Karya Kasih di simpang Jalan Karya Jaya dan Jalan Karya Kasih Medan Johor. Pilihan menu ada Mie Bihun, Mie Kuning, dan Mie Tiauw. Dengan pilihan  mie biasa, tambah dadar, dan seafood. Mie Balap Mangga Dua Ini merupakan tempat favorit warga Medan Johor untuk makan mie balap. Buka dari jam 07.00 sampai dengan jam 10.00 pagi.

    mie balap medan
    Koki Memasak Mie Balap

  7. Mie Balap  Mail Krakatau
  8. Mie Balap  Mail Krakatau berlokasi di Jl. Gunung Krakatau, Glugur Darat I, Kec. Medan Timur Kota Medan. Buka mulai jam 06.45 sampai dengan jam 11.30.
  9. Mie Balap  Samping Lotte  Kampung Lalang
  10. Mie Balap ini terletak di jalan samping Lotte Wholesale dekat ATM BNI dan Grapari Makro Business Center Kampung Lalang Medan. Buka dari jam 07.00 sampai dengan jam 11.00 pagi.
  11. Mie Balap  Bang Udin Wahidin
  12. Mie Balap Bang Udin Wahidin berlokasi di jalan  Jalan Bambu Runcing Saimpang Wahidin  Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan. Buka setiap hari dari jam 06.30 sampai dengan jam 11.30 pagi.

    mie balap medan
    Mie Balap Bang Udin | Foto : google local guide

    Nah kalau Anda berkunjung ke kota Medan, cobalah mencicipi mie balap ini. Pilih sesuai selera Anda, ada mie bihun, mie tiauw, dan mie kuning.
Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post