10 Alasan Wordpress Adalah CMS Terbaik Untuk SEO

wordpress adalah cms terbaik untuk seobadoystudio.com

Sejak dirilis pada tahun 2003 lalu, WordPress terus bertumbuh penggunaannya. Bahkan, saat ini Wordpress menguasai pasar dengan  market share 34% dari total web yang ada di dunia ini. Lebih fantastis lagi,  WordPress 5.3  yang dirilis pada 12 November 2019  telah diunduh sebanyak 8.088.611 kali! Luar biasa...!!!

Melihat begitu tingginya popularitas Wordpress, sebenarnya apa alasan di balik popularitas WordPress tersebut?

Banyakd hal yang membuat Wordoress negitu digandrungi di duia ini.  Tetapi ada satu hal yang bisa menjawab pertanyaan tersebut karena WordPress adalah CMS terbaik untuk SEO. Bagi kamu yang pernah menggunakan platfrom Wordpress, tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai plugin pendukung SEO yang bisa kita pakaindi Wordpress, baik yang berbayar maupun yang gratis.



Menurut Search Engine Journal, berikut 10 alasan mengapa Wordpress banyak digunakan oleh internet Marketer:

1. WordPress Berfokus pada Pengalaman Pengguna

Tema dan plugin WordPress bekerja bersama untuk membuat situs web menjadi profesional, ramah pengguna, dan menarik.

Dengan terintegrasinya tema dan plugin Wordpress, pengunjung menikmati pengalaman yang mereka dapatkan di situs WordPress. Mereka bertahan lebih lama, mengurangi bounce rate situs kamu secara keseluruhan .

Jika  kamu ingin meningkatkan peringkat SEO situsmu, ini adalah berita bagus untuk itu. Google ingin menghargai situs web yang memberikan pengalaman pengguna yang hebat.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel SEO Friendly


2. WordPress Memungkinkan kamu Membuat Permalink yang Menarik

Di WordPress, sangat mudah untuk mengedit permalink situs web kamu. Alih-alih memiliki URL yang penuh dengan karakter yang tampak jelek,  Kamu bisa membuat permalink yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Berbeda dengan Blogspot misalnya, yang hanya memungkinkan 1 format permalink. Sementara Wordpress menawarkan berbagai format permalink.

Kelebihan Wordpress, memungkinkan kita mengedit permalink artikel dan memasukkan keyword / kunci kamu ke URL artikel kita. Artinya, permalink artikel tidak hanya terlihat cantik dan informatif, tetapi juga dapat membantu peringkat pencarian di Google.

3. WordPress Membuat Metadata Mudah Dikelola

Judul dan metadata SEO meningkatkan cara mesin pencari menafsirkan relevansi situs kamu.
Metadata memberi tahu  robot perayap mesin pencari membantu memahami semua halaman web kamu.

Saat kamu menambahkan keyword atau kata kunci yang relevan ke metadata kamu, situs kamu akan cenderung memberi peringkat untuk kata kunci tersebut. Kalau kamu menggunakan WordPress, kamu bisa mendapatkan plugin seperti Yoast SEO. Plugin ini memungkinkan kamu untuk menambahkan metadata ke semua posting kamu dalam hitungan menit.

4. Mengoptimalkan Gambar untuk SEO Sederhana di WordPress

Gambar sangat penting untuk posting blog kamu. Jika digunakan dengan tepat, gambar akan sangat membantu pengunjung blog lebih tertarik dan memahami isi blog kamu.

Gambar tidak hanya mengarahkan pembaca ke jantung teks kamu,  gambar merupakan juga alat yang ampuh untuk SEO, terutama ketika kamu menggunakan WordPress.

Berikut adalah tiga cara WordPress dapat mengoptimalkan gambar kamu untuk peringkat SEO yang lebih baik:

  • WordPress memungkinkan kamu untuk "membuat teks alternatif" untuk setiap gambar yang kamu gunakan. Ini berarti kamu dapat memasukkan kata kunci kamu sebagai deskripsi gambar yang akan diperhatikan oleh crawler mesin pencari.
  • Dengan WordPress, kamu dapat menggunakan plugin yang secara otomatis membuat teks alternatif untuk gambar kamu.
  • Kmu dapat mengubah ukuran gambar sehingga tidak memperlambat kecepatan muat halaman kamu.

5. Situs WordPress Tidak Membuat Frustasi Pengguna dengan Waktu Muat yang Lambat

Pagespeed atau kecepatan halaman ketika diakses adalah faktor peringkat Google dalam pencarian versi mobile. Jadi, jika situs kamu lambat, itu tidak hanya akan membuat pengguna frustasi tetapi mendorong kamu lebih rendah pada SERP Google.

Berita baiknya adalah WordPress memiliki plugin yang luar biasa yang membantu kecepatan situs.

Misalnya, kita bisa menggunakan image optimizer atau Pengoptimal Gambar  seperti plugin ShortPixel. Plugin ini memampatkan dokumen PDF kamu dan gambar  di posting lama  untuk mempercepat waktu buka situs kamu.

Plugin lain yang luar biasa untuk optimasi kecepatan situs adalah WPOptimize. Plugin ini membuat cache situs kamu, membersihkan database kamu, dan mengompres gambar kamu untuk memuat lebih cepat.

6. WordPress Dioptimalkan untuk Pengguna Ponsel

Penggunaan ponsel telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Lihatlah grafik ini dari BroadbandSearch.

wordpress adalah cms terbaik untuk seosearchenginejournal.com

Dari grafik di atas, lalu lintas seluler naik 222% dalam  kurun waktu lima tahun. Saat ini hampir semua orang sudah menggunakan handphone untuk akses internet, termasuk untuk akses transaksi e-commerce.

Jika kamu seorang pemasar yang berusaha mendapatkan traksi online, ini berarti situs web kamu harus dioptimalkan untuk penggunaan seluler.

Berita baiknya adalah jika kamu sudah menggunakan WordPress untuk memberi daya pada situs kamu, kamu tidak perlu melakukan apa pun ekstra untuk membuat situs web kamu dapat diakses di perangkat seluler.

Mengapa? Sebagian besar tema WordPress sudah dioptimalkan untuk pengguna seluler.

7. WordPress Membantu kamu Mengintegrasikan Marketing Campaign Kampanye kamu dengan Media Sosial

Pengunaan media sosial sangat besar saat ini, dan ini adalah salah satu platform terbaik untuk memasarkan merek kamu. Terlebih lagi, kesuksesan dalam kampanye media sosial kamu secara tidak langsung akan meningkatkan peringkat SEO kamu.

wordpress adalah cms terbaik untuk seosearchenginejournal.com


Apa artinya ini bagi kamu sebagai pemasar adalah kamu harus menggunakan media sosial untuk berjalan seiring dengan kampanye pemasaran online kamu.

Dan WordPress ada untuk membantu kamu melakukan itu.

Di WordPress, kamu dapat membuat tombol media sosial yang disesuaikan untuk blog kamu sehingga lebih mudah bagi pembaca untuk membagikan konten kamu. Kita dapat menambahkan umpan media sosial ke situs kamu. Kita bahkan dapat mengotomatiskan kampanye media sosial  blog kita. Keren buka...

8. WordPress Memiliki Plugin Luar Biasa yang Dibuat Khusus untuk SEO

Dengan menggunakan WordPress, mengoptimalkan peringkat  di SERP lebih tinggi menjadi mudah. Yang kamu butuhkan hanyalah menginstal plugin yang tepat.

Berikut adalah tiga plugin SEO terbaik untuk WordPress.

Yoast SEO 

Yoast SEO telah memiliki jutaan unduhan di seluruh dunia karena membuat optimasi situs web menjadi sederhana bahkan untuk orang yang paling tidak mengerti teknologi di planet ini.

Jadi, bagaimana Yoast SEO dapat membantu kamu?
  • Yoast SEO  membantu kamu mengoptimalkan konten yang kamu tulis dengan kata kunci fokus kamu.
  • Yoast SEO  membantu kamu dalam membuat konten yang dapat dibaca untuk manusia dan spider mesin pencari.
  • Yoast SEO memberikan judul SEO dan deskripsi meta templating.
  • Yoast SEO juga menawarkan dukungan penuh kepada pengguna Premium kapan pun diperlukan.

Google XML Site Maps

Dengan plugin ini, membuat peta situs XML yang kompleks menjadi sederhana. Peta ini membuat struktur situs kamu mudah dipahami oleh crawler mesin pencari.

Juga, setiap kali kamu mempublikasikan posting, plugin ini “memberi tahu” mesin pencari konten baru kamu.

Google Analytics oleh Monster Insights

Plugin Google Analytics WordPress dijelaskan sebagai "mudah" dan "kuat."

Berikut adalah tiga alasan plugin ini menonjol:
  • Dengan menggunakan Plugin Google Analytics WordPress, kamu tidak perlu meninggalkan dasbor WordPress untuk melihat laporan Google Analytics kamu.
  • Dengan menggunakan Plugin Google Analytics WordPress, kamu dapat mempelajari halaman mana yang menonjol di situs kamu dengan statistik terperinci.
  • Dengan menggunakan Plugin Google Analytics WordPress,, kamu dapat melihat berapa banyak klik yang didapatkan iklan banner, tautan afiliasi, dan tautan keluar kamu.
  • Hal indah tentang plugin SEO untuk WordPress? kamu tidak perlu menyentuh bahkan satu baris kode pun.

9. WordPress Mudah Diintegrasikan dengan Alat Perangkat Lunak Lain

Bagi kamu yang sudah pernah menggunakan Wordpress, tentu sudah tahu betapa mudahnya mengintegrasikan WordPress dengan Google Analytics dan Yoast SEO.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui, Google Analytics dan Yoast SEO  bukanlah satu-satunya alat perangkat lunak yang dapat kamu gunakan dengan mulus dengan WordPress.

Berikut ini beberapa lainnya:

  • ConvertKit (untuk kampanye email, halaman arahan, dan formulir).
  • Sucuri (salah satu perangkat lunak terbaik untuk keamanan).
  • G Suite (untuk dokumen, spreadsheet, dan email kamu).

Jika tool - tool tersebut digunakan di situs kamu, kamu dapat meningkatkan keterlibatan yang akan semakin meningkatkan peringkat SEO kamu.

10. WordPress Memiliki Tema SEO-Friendly

Keyword atau Kata kunci dan metadata bukan satu-satunya komponen yang digunakan robot  mesin pencari untuk memeriksa relevansinya. Hal lain yang sangat penting yang dicari robot perayap mesin pencari adalah desain halaman web yang bagus.

Kalau kamu menggunakan WordPress, kamu tidak perlu khawatir untuk mengoptimalkan sendiri desain situs kamu untuk SEO.

Cukup pilih tema  atau template SEO-friendly, dan kamu sedang dalam perjalanan untuk menarik lrobot perayap mesin pencari ke situs kamu.


Baca Juga:

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post